Pelaku Pembunuhan Teman di Sidoarjo Ditangkap dan Jalani Reka Adegan

Pramono Putra ยท Selasa, 24 Desember 2019 - 17:51 WIB
Pelaku Pembunuhan Teman di Sidoarjo Ditangkap dan Jalani Reka Adegan
Reka adegan yang dilakukan pelaku pembunuhan terhadap kawan di Sidorajo, Jatim. (Foto: iNews/Pramono Putra)

SIDOARJO, iNews.id – Pelaku pembunuhan di area kos Kota Sidoarjo, Jawa Timur (Jatim), Sabtu (21/12/2019) berhasil ditangkap polisi di Trenggalek. Pelaku langsung digelandang ke TKP untuk melakukan reka adegan penganiayaan yang mengakibatkan kematian temannya, Selasa (24/12/2019).

MH berhasil ditangkap Tim Satreskrim Polresta Sidoarjo di Trenggalek saat melarikan diri ke rumah kakeknya. Begitu tertangkap, dengan pengawalan ketat, pelaku dibawa ke lokasi pembunuhan di kawasan Ngelom Megare, Kecamatan Taman, Kabupaten Sidoarjo.

Dalam reka adegan ini, pelaku memperagakan 23 adegan penganiayaan terhadap teman sekaligus korban bernama Ahmad Harianto (29), warga Bangakalan, Madura. Selain itu, sejumlah saksi juga dihadirkan dalam peristiwa ini.

Menurut Kapolres Sidoarjo, Kombes Pol Zain Dwi Nugroho, pelaku dan korban sama-sama di bawah pengaruh minuman keras. “Pelaku cek cok lalu menganiaya korban dengan belati,” katanya, Selasa (24/12/2019).

Ratusan warga tampak antusias melihat proses ini lantaran lokasi kejadian merupakan pemukiman padat penduduk.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, pelaku dijerat pasal berlapis, penganiayaan yang mengakibatkan korban meniggal dunia yakni pasal 340 KUHP subsider 338, lebih subsider 351 ayat 3 dengan ancaman hukuman seumur hidup.

Sebelumnya, Ahmad Harianto (29) tewas dibacok rekannya di salah satu rumah kos kawasan Ngelom Megare, Kecamatan Taman, Kabupaten Sidoarjo. Korban memang tinggal di kamar kos tempat kejadian perkara (TKP).

Setelah dibunuh, rambut korban sempat digunduli oleh pelaku. Setelah itu, pelaku meninggalkan korban dan melarikan diri ke Trenggalek, Jatim.


Editor : Umaya Khusniah