Pelajar dan 6 Teman Ditangkap karena Jadi Bandar Pil Terlarang di Probolinggo

Hana Purwadi ยท Senin, 09 Desember 2019 - 17:32 WIB
Pelajar dan 6 Teman Ditangkap karena Jadi Bandar Pil Terlarang di Probolinggo
barang bukti ribuan obat terlarang yang disita polisi dari ketujuh bandar di Probolinggo. (Foto: iNews/Hana Purwadi)

PROBOLINGGO, iNews.id - Seorang pelajar di Probolinggo, Jawa Timur (Jatim) ditangkap polisi karena jadi bandar obat terlarang. Saat dilakukan pengembangan kasus, polisi juga membekuk enam rekannya.

IA (17), warga Kelurahan Jati, Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo dibekuk Unit Reskoba Polres Probolinggo Kota. Pelaku menjual obat terlarang jenis Dextromethorphan dan Trihexyphenidyl.

Penangkapan pelaku bermula dari laporan warga. Polisi lantas menyamar sebagai pembeli dan langsung membekuk pelaku di rumahnya tanpa perlawanan. Saat dilakukan pengembangan, polisi juga menangkap anggota sindikat yang lain berjumlah enam orang.

Dalam kasus ini, selain ke tujuh pelaku, polisi juga menyita barang bukti ribuan butir obat terlarang. Para pelaku menyasar kalangan pelajar dan masyarakat umum di Probolinggo.

“Saya jual ke pelajar dan masyarakat umum, transaksinya di rumah dan baru dua bulan ini jadi bandar,” kata IA, Senin (9/12/2019).

Wakapolres Probolinggo Kota, Kompol Imam Pauji mengatakan, pelaku melakukan aksinya demi keuntungan pribadi. Mereka mengaku hanya menjualkan saja.

“Kami masih lakukan penyelidikan terkait siapa bandar yang menyuplai obat terlarang ini kepada pelaku,” kata Imam.

Akibat perbuatanya, pelaku dijerat pasal 196 dan 197 Undang-Undang RI No 36 tahun 2009 tentang Kesehatan dengan ancaman hukuman maksimal 15 tahun penjara.


Editor : Umaya Khusniah