Pasien Sembuh dari Covid-19 di Jatim Bertambah Jadi 1.091 Orang, Persentase Kesembuhan 20,55 Persen

Rizal Bomantama ยท Rabu, 03 Juni 2020 - 23:54 WIB
Pasien Sembuh dari Covid-19 di Jatim Bertambah Jadi 1.091 Orang, Persentase Kesembuhan 20,55 Persen
Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa (Foto: iNews.id)

SURABAYA, iNews.id - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur (Jatim) mengumumkan perkembangan menggembirakan kasus sembuh dari covid-19. Hari ini, Rabu (3/6/2020) Pemprov Jatim mencatat penambahan pasien sembuh dari covid-19 sebanyak 292 orang.

Dengan penambahan itu, total pasien sembuh dari covid-19 di Jatim kini menjadi 1.091 orang. Persentase kesembuhannya pun menjadi 20,55 persen.

Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa mengatakan kabar menggembirakan ini merupakan hasil kerja keras tenaga medis. Dia pun menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya bagi tenaga medis.

"Kami sampaikan apresiasi yang luar biasa karena bertambahnya pasien covid-19 yang sembuh tak lepas dari seluruh tenaga kesehatan yang berusaha memberikan dedikasi terbaiknya," kata Khofifah di Gedung Negara Grahadi, Surabaya.

Penambahan terbanyak kasus sembuh dari covid-19 di Jatim hari ini ada di Surabaya dengan 240 pasien. Disusul 16 orang di Kabupaten Pasuruan, tujuh di Probolinggo, masing-masing lima orang di Gresik dan Bojonegoro, masing-masing empat di Tuban dan Kota Malang, masing-masing tiga di Sidoarjo dan Ngawi, masing-masing dua di Nganjuk dan Jombang serta satu di Kota Pasuruan.

Menurutnya berita ini menambah optimisme di masyarakat bahwa covid-19 dapat disembuhkan. Dia juga mengingatkan masyarakat agar terus menerapkan protokol kesehatan agar tidak tertular atau menularkan covid-19.

Khofifah menegaskan pasien covid-19 yang baru saja dinyatakan sembuh setelah menjalani dua kali tes swab bisa mengajukan klaim biaya perawatan ke BPJS. Untuk memutus penularan covid-19, Pemprov Jatim akan segera menyebarkan alat tes PCR lebih banyak ke sejumlah wilayah.

"Kami juga mengimbau masyarakat yang baru saja dinyatakan sembuh dari covid-19 bisa melakukan donor plasma yang sangat bermanfaat bagi pasien covid-19 yang masih dirawat," katanya.

Pemerintah pusat mengumumkan penambahan 183 kasus positif covid-19 di Jatim yang merupakan tertinggi di Indonesia hari ini sehingga jumlah total menjadi 5.318 orang. Sementara ada penambahan 11 pasien covid-19 yang meninggal sehingga jumlah total menjadi 429.


Editor : Rizal Bomantama