Pasien Positif Covid-19 di Jember Tambah 2, 1 di Antaranya Berstatus OTG

Bambang Sugiarto ยท Kamis, 30 April 2020 - 15:54:00 WIB
Pasien Positif Covid-19 di Jember Tambah 2, 1 di Antaranya Berstatus OTG
Warga di Jalan Raden Patah Jember menjalani isolasi dan menutup pintu masuk kawasan. (Foto: iNews/Bambang Sugiarto)

JEMBER, iNews.id – Seorang siswa SMP berumur 14 tahun dinyatakan positif Covid-19 dengan status Orang Tanpa Gejala (OTG) di Jember, Jawa Timur (Jatim). Kini tetangga sekitar pasien yang berjumlah kurang lebih 150 Kepala Keluarga (KK) menjalani isolasi mandiri.

Siswa tersebut diduga tersebut diduga terpapar corona dari ayahnya yang meninggal dunia beberapa pekan lalu akibat virus tersebut. Ayahnya merupakan Orang Dalam Pemantauan (ODP) yang dinyatakan positif setelah menjalani rapid test.

Kini siswa tersebut dirawat dan diisolasi di Rumah Sakit Dokter Soebandi Jember. Sementara tetangga sekitar yang berada di Jalan Raden Patah, Kecamatan Kaliwates, Jember menjalani isolasi lantaran pasien juga sempat bersosialisasi dengan tetangga dan kawan.

Salah satu tetangga pasien, Halim mengatakan, jalan masuk menuju kawasan ini sudah ditutup warga sejak Rabu (29/4/2020) pagi. Dia mengaku belum tahu sampai kapan penutupan ini akan berlangsung.

“Iya ditutup sejak Rabu pagi dan tidak tahu sampai kapan,” katanya.

Kadiskominfo Pemkab Jember, Gatot Triyono mengatakan, selain siswa SMP tersebut, masih ada satu tambahan pasien positif Covid-19. Pasien tersebut berasal dari Kecamatan Sukorambi, Jember.

“Status pasien tersebut OTG dengan riwayat pernah mengikuti pelatihan haji di Sukolilo Surabaya,” katanya.

Pasien tersebut satu mobil dengan pasien positif Covid-19 yang lain saat pelatihan haji. Dari hasil swab, menunjukkan pasien positif terpapar.

Hingga Rabu (29/4/2020), jumlah pasien positif di Jember, Jatim bertambah dua menjadi 11 orang. Sementara jumlah PDP ada 74 orang dan ODP tercatat 1.125 orang.


Editor : Umaya Khusniah