Pasien Positif Corona di Probolinggo Menyerahkan Diri setelah Kabur dari Petugas

Okezone.com, Avirista Midaada ยท Kamis, 28 Mei 2020 - 20:42 WIB
Pasien Positif Corona di Probolinggo Menyerahkan Diri setelah Kabur dari Petugas
Ilustrasi tes Covid-19. (Foto: Istimewa)

PROBOLINGGO, iNews.id - Seorang pasien positif corona di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur (Jatim) menyerahkan diri kepada petugas. Sebelumnya, dia sempat melarikan diri saat dijemput petugas di kediamannya.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo, dr Anang Budi Yoelijanto mengatakan pasien berinisial F ini sempat mudik pulang ke Probolinggo dari Bali. Di Probolinggo, ada kebijakan setiap pemudik dilakukan rapid test di desa.

"Nah, kebetulan dia ini hasilnya reaktif, maka dilanjutkan ke swab test,” ujar Anang, Kamis (28/5/2020).

Saat hasil swab testnya keluar dan dinyatakan positif, petugas kesehatan berniat menjemput pasien asal Kecamatan Tiris ini untuk dibawa ke tempat isolasi. Namun saat dijemput di kediamannya, F tidak berada di rumah.

"Bahkan keluarganya tak dijumpai dan tak bisa dihubungi keberadaannya," katanya.

Dia menambahkan, setiap pasien OTG (Orang Tanpa Gejala) di Kabupaten Probolinggo itu walaupun sehat tetap diisolasi di rumah sehat Satgas Covid-19.

Namun dirinya menegaskan, informasi yang beredar di media sosial dimana pasien berinisial F kabur ke Bali, tak sepenuhnya bisa dibuktikan kebenarannya.

“Kami menduga dirinya balik ke Bali, karena kerjanya di Bali. Tapi belum tentu ke sana (ke Bali) karena ini masih dilakukan pengecekan petugas lebih lanjut. Cuma memang kami mengalami kendala komunikasi dengan pasien dan keluarganya,” katanya.

Meski sempat kabur, Anang memastikan bila F, pasien positif corona ini telah menyerahkan diri dengan kesadaran ke pihak kecamatan tadi malam. Kini F tengah menjalani isolasi mandiri di rumah sehat yang telah disiapkan Satgas Covid-19. Sementara keluarganya masih dilakukan pelacakan kembali oleh tim Satgas Covid-19.

Saat ditanya darimana F ini tertular corona, Anang menduga pria ini tertular saat bekerja di Bali. “Yang bersangkutan ini kerjanya di Bali, kemudian pulang ke Probolinggo dan dilakukan pemeriksaan. Kami menduga dari sana (tertular coronanya),” katanya.

Di Kabupaten Probolinggo, hingga Kamis 28 Mei 2020 terdapat 89 pasien positif corona. Sebanyak 49 orang dinyatakan sembuh, dan dua orang meninggal dunia.

Jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) mencapai 66 orang, dan sebanyak 462 masuk daftar orang dalam pemantauan (ODP).


Editor : Umaya Khusniah