Pasar Tradisional di Blitar Terapkan Ganjil Genap Jelang New Normal

Robby Ridwan ยท Selasa, 16 Juni 2020 - 11:16:00 WIB
Pasar Tradisional di Blitar Terapkan Ganjil Genap Jelang New Normal
Pasar Templek Kota Blitar terapkan ganjil genap. (Foto: iNews/Robby Ridwan)

BLITAR, iNews.id - Pasar tradisional di Blitar, Jawa Timur (Jatim) kembali dibuka dengan menerapkan ganjil genap jelang penerapan new normal. Patokannya berdasarkan nomor kios dan lapak yang disesuaikan dengan tanggal.

Salah satu yang menjadi percontohan yakni Pasar Templek Kota Blitar. Bila tanggal genap, maka kios atau lapak yang buka yang memiliki nomor genap, begitu juga sebaliknya.

Tak hanya ganjil genap, di pasar juga diwajibkan menggunakan masker dan cuci tangan. Meski demikian, saat ini masih banyak ditemui warga yang tak menggunakan masker.

Salah satu warga, Putri Lestia mengatakan penerapan wajib masker dan cuci tangan yang diterapkan membuat hidup lebih bersih dan lebih baik. "Dengan penerapan new normal, kita jadi terbiasa cuci tangan dan pakai masker. Itu lebih baik," katanya.

Sementara Wali Kota Blitar, Santoso mengatakan, penerapan ganjil genap ini untuk menghindari kepadatan yang luar biasa di pasar. Aturan dan konsepnya pun sudah dibuat. Nantinya pedagang akan tahu kapan mereka bisa berjualan.

"Dengan ganjil genap, physical distancing bisa diterapkan dan diharapkan dapat menekan penyebaran Covid-19," katanya.

Editor : Umaya Khusniah