Paidi, Pemulung di Madiun yang Raup Untung Rp700 Juta dari Menanam Porang

Arif Wahyudi Efendi ยท Kamis, 06 Februari 2020 - 20:00 WIB
Paidi, Pemulung di Madiun yang Raup Untung Rp700 Juta dari Menanam Porang
Paidi, pemulung yang berhasil membudidayakan umbi porang di Madiun, Jatim. (Foto: iNews/Arif Wahyudi Efendi)

MADIUN, iNews.id – Seorang pemulung di Madiun, Jawa Timur (Jatim) kini menjadi jutawan usai usaha penanaman umbi porang miliknya berhasil. Tanaman yang tumbuh subur di Indonesia ini sangat diminati pasar lokal maupun luar negeri karena kandungannya.

Paidi (37), warga Desa Kepel, Kecamatan Kare, Madiun, kini selalu disibukkan dengan tanaman umbi Porang yang telah mengubah nasibnya. Awalnya laki-laki berambut panjang ini mengenal umbi porang dari temannya di panti asuhan.

Merasa tertarik, dia lantas mencari informasi mengenai umbi ini di internet. Setelah itu, Paidi mencari umbi porang langka di hutan.

Tahun 2010, Paidi mulai serius menekuni penanaman porang. Dalam tiga tahun, dia mulai merasakan hasil jerih payahnya.

Dia mengaku, dengan sistem tanam yang dikembangkannya, untuk satu hektare lahan, dibutuhkan modal sekitar Rp100 juta. Biaya itu untuk pembelian 40 ribu bibit umbi porang, perawatan, pemupukan hingga panen.

Dalam waktu dua tahun, umbi porang yang dipanen bisa mencapai 70 ton dengan total omzet mencapai Rp800 juta. Setelah dipotong modal, keuntungan yang didapat mencapai Rp700 juta.

“Saya selalu mengajak siapapun untuk menanam porang karena peluang pasar masih sangat terbuka,” katanya.

Meski telah sukses, Paidi tidak pelit berbagi ilmu. Siapapun yang datang ingin belajar maupun membeli bibit porang akan dilayani.

Saat ini, petani binaan Paidi mencapai 15 orang. Angka itu belum termasuk petani yang berada di luar jawa seperti Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi.

Menurut Paidi, saat ini pasar umbi porang sangat potensial baik untuk pabrik lokal maupun ekspor seperti China dan Jepang. Kebutuhan produksi umbi porang petani jauh dari kebutuhan pasar.

“Kebutuhan pasar akan Porang sangat tinggi sementara jumlah yang dihasilkan petani belum mampu memenuhinya,” katanya.

Sejumlah literatur menyebutkan umbi porang bisa digunakan untuk bahan makanan, lem ramah lingkungan, campuran bahan industri penerbangan, obat hingga pembersih air.


Editor : Umaya Khusniah