Obesitas hingga Tak Bisa Jalan, Yunita Gadis Asal Sidoarjo Jalani Perawatan RS

Yoyok Agusta ยท Selasa, 18 Juni 2019 - 21:38 WIB
Obesitas hingga Tak Bisa Jalan, Yunita Gadis Asal Sidoarjo Jalani Perawatan RS
Umiyatun saat mendampingi anak perempuannya Yunita Maulita yang mengalami obesitas. (Foto: iNews/Yoyok Agusta)

SIDOARJO, iNews.idYunita Maulidia (18) seorang remaja obesitas asal Sidoaro, Jawa Timur (Jatim), yang pernah mengejutkan masyarakat dengan kisahnya pada 2016 silam kembali menjalani perawatan intensif di rumah sakit (RS). Dia mengalami pembengkakan jantung dan infeksi di jaringan ikat perut.

Anak pasangan Padi dan Umiyatun, warga Desa Grinting, Kecamatan Tulangan, Sidoarjo, sudah sejak seminggu terakhir tak bisa berjalan. Dia lebih banyak terbaring dan mengeluh sakit pada bagian perut. Khawatir akan kondisinya, gadis yang memiliki berat badan 145 kilogram (Kg) itu pun dibawa ke RSUD Sidoarjo pada Senin (17/6/2019) malam.

“Sejak seminggu ini anak saya sudah merasa sakit di tangan dan kakinya. Sudah gak bisa berdiri dan mengeluh sakit juga perut seperti kembung,” ujar Umiyatun, ibu Yunita.

Tim dokter yang menanganinya kemudian melakukan pemeriksaan dan merontgen-nya. Hasilnya, Yunita mengalami pembengkakan jantung dan infeksi di perut.

“Ada tanda-tanda infeksi pada jaringan ikat di perut akibat gumpalan lemak. Kondisi pasien stabil, namun hasil lab dan foto rontgen seperti itu, ada pembengkakan jantung dan infeksi,” ujar Dokter Akhmad Fariz Nurdiansyah yang menangani Yunita, Selasa (18/6/2019).

Diketahui, Yunita Maulidia pada 2016 silam pernah dirawat di RS dr Soetomo Surabaya. Saat itu bobot badannya 125 kg. Setelah menjalani perawatan sempat menurun hingga 94 kg. Namun kini berat badan Yunita mencapai 145 kg hingga mengakibatkan tak mampu berdiri.


Editor : Donald Karouw