Nekat Beroperasi, Pabrik Arak di Tuban Digerebek Aparat Gabungan

Antara ยท Selasa, 12 Mei 2020 - 20:46 WIB
Nekat Beroperasi, Pabrik Arak di Tuban Digerebek Aparat Gabungan
Pabrik arak di Tuban, Jatim digerebek petugas gabungan TNI-Polri dan Satpol PP. (Foto: iNews/Pipiet Wibawanto)

TUBAN, iNews.idPetugas gabungan yang terdiri atas TNI-Polri dan Satpol PP menggerebek lokasi pembuatan arak di Tuban, Jawa Timur (Jatim). Dalam sehari, pabrik ini mampu menghasilkan arak hingga 45 liter.

Pabrik arak milik S (40) ini berada di Desa Semanding, Kecamatan Semanding, Tuban dan sudah beroperasi sekitar tiga bulan. Meski sedang dalam bulan Ramadan, pabrik tetap nekat beroperasi.

Di lokasi, petugas menyita berbagai bahan baku pembuatan arak yakni baceman dan berbagai peralatan produksi lain seperti dua unit tungku atau dandang beserta kompor. Selain itu juga ditemukan arak siap edar sebanyak 15 botol.

Pelaku mengaku, arak hasi produksinya beredar di sekitar Tuban, Lamongan dan Bojonegoro. Untuk mengelabui petugas, pelaku menggunakan ruang kosong di dekat kandang sapi agar tidak dicurigai.

Namun setelah diintai sekitar sepekan, petugas akhirnya menggerebek home industry arak tersebut dan menemukan sejumlah barang bukti.

Kasi Operasi dan Pengendalian Satpol PP Tuban, Joko Herlambang mengatakan, arak siap edar yang disita petugas masih terasa hangat. Kemungkinan baru saja selesai diproduksi.

“Maka dari itu, kami serahkan kasus ini ke polisi,” katanya.

Barang bukti produksi arak ini disita dan diamankan ke Mapolsek Semanding Tuban. Sementara pemilik industri rumahan arak ini dijerat dengan Pasal 135 jo Pasal 71 Ayat 2 dan Pasal 140 jo Pasal 86 Ayat 2 Undang-Undang No 18 Tahun 2012 tentang Pangan.


Editor : Umaya Khusniah