Menyalakan Petasan di Tangan, Kadus di Pasuruan Dilarikan ke RS karena Luka Bakar

Jaka Samudra ยท Sabtu, 06 Juni 2020 - 21:43 WIB
Menyalakan Petasan di Tangan, Kadus di Pasuruan Dilarikan ke RS karena Luka Bakar
Kapolresta Pasuruan, AKBP Dony Alexander dan aparat usai menjenguk korban di rumah. (Foto: iNews/Jaka Samudra)

PASURUAN, iNews.id - Seorang kepala Dusun Gunung Ser, Desa Kapasan, Kecamatan Nguling, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur (Jatim) terkena ledakan petasan jenis kembang api. Akibatnya jari tangan hancur dan segera dilarikan ke rumah sakit.

Darsan (38) harus dilarikan ke IGD RSUD Grati, Pasuruan lantaran luka bakar di tangan dan punggung. Diduga, korban teledor saat menyulut petasan jenis kembang api.

Kapolresta Pasuruan, AKBP Dony Alexander mengatakan, peristiwa itu bermula saat korban menyalakan petasan sisa Lebaran di halaman rumah di Desa Sumberanyar, Kecamatan Nguling, Sabtu (6/6/2020) dini hari. Namun petasan jenis kembang api berukuran besar tersebut terbakar dan meledak cukup keras.

“Akibatnya, tangan kiri dan punggung korban terluka. Jari tangan kiri harus diamputasi, tersisa kelingking dan jempol,” katanya.

Mendengar laporan tersebut, aparat segera mendatangi lokasi kejadian dan mengamankan serpihan petasan sebagai barang bukti. Selain itu, aparat juga meminta keterangan saksi.

“Saksi mengatakan kembang api tersebut disulut dan dipegang di tangan korban. Bukan diletakan di tempat yang aman, sementara sumbunya terlalu pendek,” katanya.

Saat ini personel tengah menyelidiki asal petasan tersebut. Sebagai pertimbangan manusiawi, polisi yang menjenguk korban di rumah, memberikan bantuan uang untuk biaya pengobatan pada Darsan.

Petugas juga menghimbau agar peredaran petasan di wilayah hukumnya untuk ditekan. Sehingga kejadian serupa tak terulang lagi.


Editor : Umaya Khusniah