Melahirkan, Penghuni Rutan Perempuan di Surabaya Dilarikan ke Puskesmas

Lukman Hakim · Rabu, 21 September 2022 - 18:36:00 WIB
Melahirkan, Penghuni Rutan Perempuan di Surabaya Dilarikan  ke Puskesmas
Penghuni Rutan Porong saat dibawa petugas ke Puskesmas. (Lukman Hakim)

SURABAYA, iNews.id - Warga binaan rumah tahanan (rutan) Perempuan Surabaya dilarikan ke Puskesmas, Rabu (21/9/2022). Perempuan berinisial AV itu terpaksa dilarikan ke puskesmas karena hendak melahirkan

Pantauan di lokasi, AV sempat meringis kesakitan saat hendak menaiki mobil dinas kepala rutan. Sambil menahan sakit, AV bahkan terus meremas pinggangnya.

Kondisi itu memaksa petugas membopong AV dari belakang. Sementara petugas lainnya membantu membawakan perlengkapan dan pakaian milik AV. Maklum perut AV yang sudah buncit terasa berat. Masa persalinannya memang sudah dekat. Sudah bukaan empat.

“Pagi tadi warga binaan berinisial AV mengaku perutnya mulas, setelah diperiksa oleh perawat rutan ternyata sudah waktunya persalinan, pihak rutan segera melakukan rujukan ke Puskesmas sesuai SOP yang berlaku,” ujar Kepala Kanwil Kemenkumham Jatim Zaeroji.

 Petugas pun merujuknya ke Puskesmas Porong. Untuk melahirkan sang jabang bayi. Sebelum persalinan, perempuan 37 tahun itu menjalani tes usap antigen. Hasilnya negatif.

 “Alhamdulillah ibu dan bayi selamat. AV melahirkan bayi berjenis kelamin laki-laki pada pukul 10.15 WIB,” tuturnya.

Itu merupakan anak kelima yang lahir dari rahim AV. Belum ada nama yang diberikan untuk jabang bayi berbobot 3,0 Kilogram dan panjang 50 centimeter (cm) itu.

Editor : Ihya Ulumuddin

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: