Mayat Bayi Laki-Laki yang Membusuk Ditemukan Tertimbun di Saluran Irigasi Ponorogo

Ahmad Subekhi ยท Kamis, 30 Januari 2020 - 16:30:00 WIB
Mayat Bayi Laki-Laki yang Membusuk Ditemukan Tertimbun di Saluran Irigasi Ponorogo
Mayat bayi dievakuasi petugas di Ponorogo, Jatim. (Foto: iNews/Ahmad Subekhi)

PONOROGO, iNews.idMayat bayi ditemukan tertimbun di areal irigasi sawah Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur (Jatim), Kamis (30/1/2020) siang. Saat ditemukan, kondisi bayi terbungkus kain dan sudah tidak bisa dikenali.

Warga Desa Kaponan, Kecamatan Mlarak, Kabupaten Ponorogo gempar akibat penemuan mayat bayi berjenis kelamin laki laki. Mereka menduga, bayi tersebut dibunuh sebelum jasadnya dikubur di lokasi tersebut.

Penemuan mayat bayi ini bermula saat salah satu petani, Prayogo, menggali saluran irigasi. Saat mencangkul, dia menemukan kain.

Dia terus menggali hingga menemukan pusat dari kain tersebut berupa buntalan. Saat diperiksa lagi, isi dalam kain tersebut sesosok mayat bayi.

“Kain itu kaya kafan, lalu saya panggil bapak dan tetangga sawah. Pas saya buka, isinya kaki bayi dan baunya menyengat,” kata Prayogo.

Penemuan mayat itu lantas dilaporkan kepada polisi. Petugas yang mendapat laporan segera menuju lokasi dan olah TKP. Polisi dan tim medis menduga bayi tersebut tewas lebih dari tiga hari.

“Kalau dari kondisi fisik, kemungkinan sudah tewas lebih dari tiga hari. Sudah ada pembusukan. Tapi organ tubuh lengkap,” kata salah satu tim medis Puskesmas Mlarak, Muklas Hamidi.

Polisi masih menyelidiki kasus ini dan mencari pelaku pembunuh dan pengubur bayi tersebut. Penyebab kematian bayi juga belum bisa diketahui.

“Dari informasi sementara, bayi tersebut berumur delapan bulan, sudah cukup waktu lahir. Kita masih lakukan penyelidikan,” kata Kapolres Ponorogo, AKBP Arief Fitrianto.

Guna proses penyidikan, jasad bayi dibawa ke Rumah Sakit Harjono Ponorogo untuk diautopsi. Kasus ini ditangani petugas Polres Ponorogo.

Editor : Umaya Khusniah