Masuk Jember Tanpa Surat Bebas Covid-19, 13 TKW Asal Malaysia Dikarantina

Bambang Sugiarto ยท Rabu, 24 Juni 2020 - 12:58:00 WIB
Masuk Jember Tanpa Surat Bebas Covid-19, 13 TKW Asal Malaysia Dikarantina
TKW Malaysia diperiksa petugas di check point perbatasan Jember, Selasa (23/6/2020) malam. (Foto: iNews.id/Bambang Sugiarto)

JEMBER, iNews.id – Sebanyak 13 Tenaga Kerja Wanita (TKW) asal Malaysia langsung dikarantina begitu masuk ke wilayah Jember. Isolasi terpaksa dilakukan karena ke-13 TKW tersebut tidak membawa surat bebas Covid-19.

Petugas Jaga check point Rowotengah, Ipda Joko Sumargo mengatakan, ke-13 TKW terjaring razia saat masuk di perbatasan Kota Jember di Desa Rowotengah, Kecamatan Sumberbaru. Mereka menumpang bus kota dan hendak pulang ke kampung halaman.

“Mereka dari Malaysia, tetapi tidak membawa surat bebas Covid-19. Karena itu kami langsung kirim ke JSG (Jember Sport Garden) untuk karantina,” kata Joko, Rabu (24/6/2020).

Joko mengatakan, selain 13 TKW, petugas juga memeriksa 200 warga dari luar daerah. Dari jumlah tersebut, 105 di antaranya Orang Dalam Risiko (ODR) dan diberi tanda gelang warna kuning. Sebab, mereka berasal dari daerah zona merah Covid-19.

“Ada 105 orang yang kami beri gelang kuning. Mereka juga kami periksa suhu tubuh dan kami minta melakukan protokol kesehatan,” ujarnya.

Joko mengatakan, untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 di wilayah Jember, pemeriksaan check point di perbatasan terus dioptimalkan, termasuk di Desa Worotengah. Tujuanya, semua warga dari luar daerah, bisa terdeteksi, khususnya Pasien Dengan Pengawasan (PDP) maupun Orang Dalam Pemangtauan (ODP).

Sebab, sejak masa transisi new normal, masyarakat cenderung tidak disiplin. Mereka mulai abai dengan protokol kesehatan, seperti tidak menggunakan masker atau tidak menjaga jarak.


Editor : Ihya Ulumuddin