Masjid di Mojokerto Selenggarakan Salat Jumat Setelah Disemprot Disinfektan

Sholahudin ยท Jumat, 20 Maret 2020 - 15:55 WIB
Masjid di Mojokerto Selenggarakan Salat Jumat Setelah Disemprot Disinfektan
Salah satu masjid di Mojokerto, Jatim disemprot disinfektan sebelum salat Jumat. (Foto: iNews/Sholahudin)

MOJOKERTO, iNews.id – Sejumlah masjid di Mojokerto, Jawa Timur (Jatim) tetap menyelenggarakan salat Jumat. Sebelumnya, masjid sudah disterilkan dengan disinfektan dan jemaah juga dicek suhu tubuh serta wajib cuci tangan.

Salah satu masjid yang tetap menyelenggarakan salat Jumat yakni Masjid Ar Roudhoh di Kecamatan Mojoanyar, Kabupaten Mojokerto. Masjid ini terletak di pinggir jalan nasional penghubung antara Mojokerto dan Pasuruan.

Rata-rata jemaah salat Jumat di masjid ini berasal dari luar daerah setempat. Sebelum masuk masjid, jemaah diwajibkan cuci tangan dengan sabun dan cairan antiseptik.

Selanjutnya petugas akan mengukur suhu tubuh para jemaah. Petugas ini terdiri atas relawan gabungan dari PMI, TNI-Polri dan Kecamatan Mojoanyar.

Sejumlah jemaah yang suhunya diatas rata-rata langsung diberi masker oleh petugas yang berjaga. Karpet dalam masjid juga digulung dan tidak dipakai. Jemaah diminta untuk membawa sajadah masing-masing.

Salah satu takmir masjid, Mohammad Dhofir mengatakan, sebelum salat Jumat ini diselenggarakan, sudah ada pengumuman kepada jemaah agar membawa sajadah masing-masing.

“Kegiatan salat Jumat akan tetap diselenggarakan seperti biasa. Hanya saja selama ada virus korona, jemaah diminta bawa sajadah sendiri dari rumah,” katanya.

Selain itu, jemaah juga diimbau untuk tidak terlalu lama berada di masjid. Selebihnya, Dhofir mengetakan semua kegiatan berlangsung seperti biasa.

Sementara itu Camat Mojoanyar, Amzar Ashari Siregar mengatakan protap ini dilakukan karena virus korona sudah menyebar ke berbagai daerah di Jatim. Penerapan protap ini merupakan kerja sama baik dari PMI, Koramil, TNI, Kecamatan, Polres dan Puskesmas.

“Ini dilakukan agar masyarakat bisa terhindar dari virus korona. Kami tidak ingin salat Jumat sepi, makanya kami laksanakan langkah-langkah antisipasi,” katanya.

Selain masjid, sejumlah sekolah, kampus serta gereja akan dilakukan sterilisasi. Gereja akan disemprot menjelang ibadah hari Minggu.


Editor : Umaya Khusniah