Mantan Karyawan Usaha Konveksi di Jember Nekat Curi Uang Bos untuk Foya-Foya

Bambang Sugiarto ยท Selasa, 14 April 2020 - 13:12 WIB
Mantan Karyawan Usaha Konveksi di Jember Nekat Curi Uang Bos untuk Foya-Foya
Anam, pelaku pencurian di kantor mantan majikan di Jember, Jatim. (Foto: iNews/Bambang Sugiarto)

JEMBER, iNews.idPemuda di Jember, Jawa Timur (Jatim) dibekuk polisi usai mencuri uang mantan majikan senilai jutaan rupiah di ruang kantor. Aksi pelaku terekam kamera CCTV sehingga memudahkan petugas mengidentifikasi pelaku.

Anam, warga Desa Rambigundam, Kecamatan Rambipuji, Jember diamankan polisi usai mencuri uang mantan majikan. Pelaku mencukil jendela dan mengambil uang dari laci kantor dan membawa kabur.

Sementara korban yang juga pemilik usaha konveksi muslim, Heri Efendi mengatakan, pelaku merupakan mantan karyawan yang diberhentikan karena tidak disiplin dalam bekerja. Sebelum dugaan mengarah pada Anam, Heri sempat menginterogasi karywan lain namun tidak ada yang mengaku.

“Awalnya kantor saya berantakan dan ada bekas congkelan di jendela. Lalu saya kumpulkan karyawan untuk dimintai keterangan, tapi tidak ada yang mengaku,” katanya, Senin (13/4/2020).

Usai melihat rekaman kamera CCTV, Heri mengetahui jika pelaku pencurian yakni mantan karyawan. Dia lantas melaporkan kejadian ini pada polisi.

Petugas yang menerima laporan segera menindaklanjuti dengan melakukan penangkapan pelaku di tempat persembunyiannya yakni di rumah saudaranya di Kecamatan Ledokombo, Jember. Kepada polisi, pelaku mengaku uang hasil curian digunakan untuk berfoya-foya.

Kanit Reskrim Polsek Rambipuji, Aipda M Slamet mengatakan, selain mengamankan pelaku, polisi juga menyita uang tunai senilai Rp750.000 sisa hasil curian. Pelaku mengaku sudah tiga kali mencuri uang mantan majikannya.

“Total kerugian yang diderita korban mencapai Rp18 juta,” katanya.

Atas ulahnya, pelaku dijerat dengan pasal 363 tentang pencurian dengan ancaman hukuman tujuh tahun penjara.


Editor : Umaya Khusniah