Mantan Kades di Nganjuk Diduga Korupsi Dana Desa Lebih dari Rp600 Juta

Mukhtar Bagus ยท Jumat, 13 Maret 2020 - 18:44 WIB
Mantan Kades di Nganjuk Diduga Korupsi Dana Desa Lebih dari Rp600 Juta
Heri Indriyanto, mantan Kepala Desa Sugihwaras, Kecamatan Prambon, Kabupaten Nganjuk diduga korupsi dana desa. (Foto: iNews/Mukhtar Bagus)

NGANJUK, iNews.id – Seorang mantan kepala desa di Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur (Jatim) ditangkap karena diduga korupsi dana desa senilai lebih setengah miliar rupiah. Pelaku dijebloskan ke dalam tahanan oleh Kejaksaan Negeri Nganjuk, Jumat (13/3/2020) siang.

Heri Indriyanto, mantan Kepala Desa Sugihwaras, Kecamatan Prambon, Kabupaten Nganjuk, diduga telah menggelembungkan dana pembangunan jalan tahun 2017. Akibat perbuatannya, negara dirugikan senilai Rp651 juta.

Kasi Intel Kejari Nganjuk, Dicky Andi Firmansyah mengatakan saat itu Heri melakukan pemasangan paving di jalan desan dengan nilai proyek Rp329 juta. Namun dalam laporan yang dibuat, Heri menyebut nilai proyek tersebut Rp980 juta atau digelembungkan Rp651 juta.

“Tersangka terlibat kasus korupis Dana Alokasi Desa (DAD) tahun 2017,” katanya.

Usai menjalani pemeriksaan, Heri langsung dibawa petugas ke Lapas Kelas II B Nganjuk untuk dijebloskan dalam tahanan. Akibat perbuatannya, Heri dijerat dengan Undang-Undang Tindak Pidana Korupsi dengan ancaman hukuman maksimal 15 tahun penjara.


Editor : Umaya Khusniah