Maling Motor Spesialis Masjid Dibekuk di Bojonegoro, Modusnya Pelaku Pura-Pura Ikut Salat

Dedi Mahdi ยท Jumat, 31 Januari 2020 - 07:48 WIB
Maling Motor Spesialis Masjid Dibekuk di Bojonegoro, Modusnya Pelaku Pura-Pura Ikut Salat
Kedua tersangka pencurian sepeda motor yang ditangkap di Bojonegoro, Jatim. (Foto: iNews/Dedi Mahdi)

BOJONEGORO, iNews.id – Komplotan pencuri sepeda motor spesialis jemaah masjid di Bojonegoro, Jawa Timur (Jatim) dibekuk polisi. Modusnya, pelaku berpura-pura ikut salat bersama dalam masjid lalu melarikan sepeda motor korban.

Kasmuji, warga Kuningan Jawa Barat (Jabar) dan Witono, warga Desa Sumberarum, Kecamatan Dander, Bojonegoro diamankan petugas Satuan Reserse Kriminal Polres Bojonegoro. Kasmuji yang menjadi eksekutor aksi terpasksa dihadiahi timah panas karena berusaha kabur saat akan ditangkap. Sementara Witono berperan sebagai penadah hasil curian.

Kapolres Bojonegoro, AKBP M Budi Hendrawan mengatakan, dalam beraksi, tersangka Kasmuji bersama dengan dua rekan yang kini sudah ditahan Di Polres Grobogan Jawa Tengah (Jateng).
Masjid yang menjadi sasaran tersangka berada di sejumlah daerah terutama wilayah perbatasan Jatim dan Jateng.

“Jadi tersangka keluar masjid sebelum salat dimulai, satu masjid bisa dua sepeda motor yang dicuri. Biasanya salah Subuh,” katanya saat ekspos kasus, Kamis (30/1/2020).

Dari tiga pelaku, masing-masing memiliki peran yang beda. Ada yang ikut salat, ada yang mencuri sepeda motor dengan kunci T dan ada yang menunggu di luar masjid.

“Yang ikut salat itu bertugas memantau situasi,” katanya.

Dari hasil pemeriksaan, tersangka mengaku telah melancarkan aksi pencurian motor di masjid sejak tiga bulan terahir. Jumlah sepeda motor yang berhasil digondol berjumlah 13 unit dari sembilan lokasi yang berbeda.

Akibat perbuatannya, tersangka dijerat pasal 363 KUHP tentang Pencurian dengan Pemberatan dengan ancaman tujuh tahun penjara.


Editor : Umaya Khusniah