Mahasiswa UB, Pasien Positif Corona di RSSA Malang Dinyatakan Sembuh

Ihya Ulumuddin ยท Senin, 23 Maret 2020 - 20:06 WIB
Mahasiswa UB, Pasien Positif Corona di RSSA Malang Dinyatakan Sembuh
Ilustrasi imbauan untuk tetap di rumah. (Foto: Istimewa)

MALANG, iNews.id – Satu pasien positif corona di RS Saiful Anwar (RSSA) Kota Malang, Jawa Timur (Jatim) dinyatakan sembuh. Pasien dengan kode 07, yang juga mahasiswa Universitas Brawijaya (UB) ini dinyatakan sehat secara fisik dan klinis, sehingga diperbolehkan pulang.

“Hasil pemeriksaan laboratorium sudah kami dapatkan dan ditegaskan bahwa PDP (Pasien Dalam Pengawasan) yang sebelumnya dinyatakan positif telah dinyatakan negatif. Artinya sembuh total,” kata juru bicara Satgas Covid-19 Kota Malang, dokter Husnul Muarif, Senin (23/3/2020).

Husnul menjelaskan, setelah dipastikan sehat, pasien tersebut telah diperbolehkan pulang pada Sabtu (21/3/2020) lalu. Kendati demikian pasien tersebut tetap mendapat pemantauan dari tenaga medis secara berkala.

Sementara Direktur RSSA Kota Malang, dokter Kohar Hari Santoso menambahkan, untuk menghindari paparan virus baru, pasien tetap dianjurkan mengisolasi diri termasuk mengurangi interaksi dengan masyarakat.

“Butuh fase penyembuhan, jangan didampingi keluarganya gerudukan. Saat menerima tamu lagi kecapekan maka akan kebawa lagi. Sosial distancing harus diperhatikan,” katanya.

Dia mengimbau agar masyarakat tidak usah takut dan menstigma. Jika memang ada persediaan makanan di rumah, pihaknya berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan tentang bagaimana self isolation.

Atas perkembangan baru ini, maka pasien positif korona di Jatim menjadi 40 orang. Berkurang satu, dari sehari sebelumnya sebanyak 41 orang.

Sementara untuk Orang Dalam Pemantauan (ODP) bertambah menjadi 1.405 orang dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) 125 orang.


Editor : Umaya Khusniah