Maafkan Zikria Dzatil, Wali Kota Risma: Urusan Hukum Serahkan ke Kapolres

Ihya Ulumuddin ยท Rabu, 05 Februari 2020 - 16:24 WIB
Maafkan Zikria Dzatil, Wali Kota Risma: Urusan Hukum Serahkan ke Kapolres
Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini menunjukkan surat permohonan maaf ZKR, perempuan yang menghinanya di medsos di Kantor Wali Kota Surabaya, Jatim, Rabu (5/2/2020). (Foto: iNews.id/Ihya` Ulumuddin)

SURABAYA, iNews.id – Keinginan Zikria Dzatil, tersangka kasus penghinaan dan ujaran kebencian terhadap Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini agar bisa dimaafkan akhirnya terwujud. Risma sudah memaafkan pemilik akun Facebook “Zikria Dzatil” (ZKR) yang telah menghinanya.

“Saya maafkan yang bersangkutan. Saya sebagai manusia, saya maafkan karena beliau juga manusia,” kata Risma di rumah dinas, Jalan Sedam Malam, Surabaya Rabu (5/2/2020) siang tadi.

Menurut Risma, maaf itu diberikan karena ZKR, pelaku penghinaan sudah menyampaikan permohonan maaf. “Kalau yang bersangkutan sudah meminta maaf, maka saya juga wajib memaafkan. Karena Allah pun memberikan maaf untuk umatnya yang salah,” ujarnya.

Terkait dengan proses hukum Zikria, Risma enggan berkomentar banyak. Baginya, hal itu menjadi wewenang Polrestabes Surabaya. “Urusan hukum saya serahkan Pak Kapolres,” katanya.

Orang nomor satu di Surabaya ini juga meminta kepada warga Surabaya untuk menghilangkan kebencian terhadap perempuan itu.

Risma juga berharap sikapnya tersebut diikuti seluruh warga Surabaya, sehingga tidak lagi membenci pelaku. “Saya berharap seluruh warga saya. Kalau masih mencintai saya tolong dimaafkan. Mari sama-sama berbesar hati untuk bisa memaafkan. Jangan karena saya, kita saling bermusuhan. Saya ndak ingin seperti itu,” ujarnya.

Diketahui, beberapa waktu lalu, tim hukum Pemkot Surabaya melaporkan akun Facebook Zikria Dzatil ke Polrestabes Surabaya. Laporan itu dilakukan oleh bagian hukum Pemkot Surabaya menyusul penghinaan yang dilakukan oleh pemilik akun kepada Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini di media sosial.

“Inisiatif ini diambil karena melihat keresahan di masyarakat. Baik melalui sosial media, maupun menghubungi langsung jajaran Pemkot Surabaya,” kata Kabag humas Pemkot Surabaya, FebriAdhitya Prajarata.

Atas laporan itu, Polrestabes Surabaya bertindak cepat, menangkap pemilik akun Zikria Dzatil, penghina Risma. Perempuan asal Bogor Jawa Barat itu ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan.


Editor : Kastolani Marzuki