Luar Biasa, Anak-Anak SD di Jember Ini Memprakarsai Gelaran Festival Seni Berskala Nasional

Aditya Pratama ยท Senin, 07 Oktober 2019 - 09:24 WIB
Luar Biasa, Anak-Anak SD di Jember Ini Memprakarsai Gelaran Festival Seni Berskala Nasional
Siswa dan siswi SDK Maria Fatima 3 Jember saat mempersiapkan gelaran festival dan budaya bertajuk Pesona Mutiara Nusantara (PMN). (Foto: Istimewa)

JEMBER, iNews.id – Festival lingkup nasional yang dihelat institusi atau komunitas orang dewasa tentu sudah biasa. Namun di Kabupaten Jember, Jawa Timur, sebuah festival seni budaya skala nasional diprakarsai sepenuhnya oleh anak-anak SD.

Penyelenggara acara bertajuk Pesona Mutiara Nusantara (PMN) ini terdiri atas para siswa kelas V dan kelas VI SDK Maria Fatima 3, di Jalan Mojopahit VI Sempusari Jember.

Anak-anak berusia sekitar 10-12 tahun itu mengurusi semua lini persiapan hingga pelaksanaan, mulai aspek acara, promosi, perlengkapan, keamanan hingga konsumsi dan kebersihan. Dimana acara PMN ini rencananya digelar seharian penuh pada 12 Desember mendatang di area SDK Maria Fatima.


Ketua Penyelengara PMN Patricia Amori Deo mengatakan, acara ini menjadi ajang pembuktian siswa SD bisa merancang sebuah kegiatan besar yang melibatkan banyak orang dari berbagai kalangan. Tidak sekadar mengundang siswa dari SD lain, PMN pun mengajak para siswa dari SMP dan SMA untuk berpartisipasi menampilkan kemampuan seni dan budayanya.

“Ini acara seni dan budaya anak Indonesia dari, oleh dan untuk siswa. Dalam menyiapkannya, memang perlu daya kreativitas tinggi untuk ide dan kerja sama tim yang bagus. Bagi saya, ini juga wadah ujian potensi kepemimpinan,” tutur Amori.

Siswi kelas VI SD yang sedang merintis bisnis kedai Bukan Sekadar Air atau ‘Bu’Kadir’ dan  juga mengelola coworking space bernama ‘TimeLine’ ini mengungkapkan, pertunjukan PMN ini bertujuan mendidik siswa agar berani tampil di ruang publik.

Amori menekankan, PMN SDK Maria Fatima 3 Jember lebih menitikberatkan aspek kompetensi ketimbang kompetisi. Kompetensi yang dimaksud antara lain dalam pengembangan soft skill seperti public speaking, live performance hingga speech promotion.


“Kami yakin bahwa kepercayaan diri sangat menentukan kesuksesan saat dewasa nanti,” katanya.

Kepala SDK Maria Fatima 3 Jember J Adiyanto mengungkapkan, PMN sama sekali tidak mengandalkan sponsor. Pihak sekolah pun tak mengeluarkan dana untuk acara ini.

“Semua biaya murni dari para donatur atas pendekatan dari anak-anak yang menjadi penyelenggara acara. Karena itu kami sangat mengapresiasi kerja para siswa ini,” ujar Adiyanto.


Editor : Donald Karouw