Longsor Terjang Tulungagung dan Trenggalek, Rumah Rusak Akses Jalan Putus

Anang Agus Faisal, Solichan Arif · Kamis, 17 Juni 2021 - 19:50:00 WIB
Longsor Terjang Tulungagung dan Trenggalek, Rumah Rusak Akses Jalan Putus
Salah satu tebing di Tulungagung yang longsor akibat hujan lebat, Kamis (17/6/2021). (Foto: Sindonews/Solichan Arif).

TULUNGAGUNG, iNews.id - Sejumlah daerah di wilayah Tulungagung dan Trenggalek diterjang longsor akibat hujan lebat, Rabu (16/6/2021) malam. Selain menutup akses jalan, longsor juga menyebabkan rumah warga rusak. 

Di Tulungagung, longsor banyak menyebabkan rumah rusak. Sebab, sebagian besar tebing berada di belakang rumah warga. Beruntung, tidak ada korban dalam musibah tersebut. 

"Tebing yang ada memiliki tinggi 8-10 meter. Karena tanaman keras sudah berganti rumput gajah, setiap hujan deras di sebagian wilayah Kecamatan Pagerwojo rawan longsor. Begitu juga saat hujan deras Rabu (16/6/2021)," Kapolsek Pagerwojo AKP Heru Surjono.  

Menurut Heru, hujan mengguyur mulai pukul 23.00 WIB hingga jelang subuh. Karena tidak kuat menahan gerusan air, tebing tinggi tersebut ambrol. 

Dari data yang dihimpun, titik longsor terjadi di lima desa, yakni Desa Pagerwojo, Desa Gambiran, Desa Samar, Desa Penjor dan Desa Mulyosari. Tanah longsoran menimpa bagian belakang rumah warga. "Rata rata merusak bagian dapur rumah warga," katanya. 

Selain rumah warga, material juga sempat menutup akses jalan Desa Gambiran dan Desa Penjor. 
Dibantu petugas gabungan, Kamis ini (17/5) warga bersama sama membersihkan material longsor, termasuk juga bahu membahu membenahi bangunan rumah warga yang rusak. 

"Mengingat hujan masih turun, warga dihambau untuk tetap meningkatkan kewaspadaan," kata Heru. 

Di saat yang sama longsor juga menerjang sebagian wilayah Kecamatan Sendang, Kabupaten Tulungagung. Informasi yang dihimpun, titik longsor tersebar di enam dusun wilayah Sendang, yakni Dusun Munggur, Dusun Pokolimo, Dusun Gading, Dusun Gondang, Dusun Klegen dan Dusun Duldampit. 

Editor : Ihya Ulumuddin

Halaman : 1 2