Laki-Laki di Tuban Ditangkap Usai Kuras Uang dalam Rekening Korban

Pipiet Wibawanto ยท Senin, 17 Februari 2020 - 10:58 WIB
Laki-Laki di Tuban Ditangkap Usai Kuras Uang dalam Rekening Korban
Kapolres Tuban, AKBP Nanang Haryono saat menjelaskan kasus pembobolan uang dalam rekening. (Foto: iNews/Pipiet Wibawanto)

TUBAN, iNews.id – Seorang pria di Tuban, Jawa Timur (Jatim) ditangkap polisi karena menguras uang dalam rekening korban melalui mesin ATM. Aksi ini terekam kamera CCTV sehingga pelaku dapat ditangkap kurang dari 24 jam.

Herwanto (39), Desa Mrutuk, Kecamatan Widang, Kabupaten Tuban ditangkap Tim Macan Ronggolawe atau Marong, Satreskrim Polres Tuban. Pasalnya, pelaku telah menguras uang dalam rekening korban atas nama Heri Ardiyanto pada 21 Desember 2019 lalu.

Aksi pelaku menguras uang korban dalam rekening bermula saat pelaku menemukan ada kartu BNI yang tertinggal dalam mesin ATM di SPBU Sleko, Kelurahan Gedung Ombo, Tuban. Pelaku lalu menguras uang dalam rekening senilai Rp6.550.000.

“Kartu sempat saya simpan sehari, lalu saya iseng memasukkan enam digit PIN saya, ternyata sama,” katanya saat ekspos kasus di Mapolres Tuban, Rabu (5/2/2020).

Korban baru menyadari kartu ATM dan uang hilang sekitar dua minggu kemudian. Korban lalu melapor ke Polres Tuban.

Polisi yang menerima laporan segera melakukan penyelidikan. Melalui rekaman kamera CCTV yang ada di ruang ATM, polisi berhasil menangkap pelaku. Selain itu, polisi juga mengamankan barang bukti kartu ATM, sisa uang, handphone serta jaket dan topi yang digunakan saat beraksi.

Kapolres Tuban, AKBP Nanang Haryono mengatakan kasus ini masih dalam pengembangan polisi. Hal ini lantaran pelaku tahu nomor PIN milik korban dan mengaku melakukannya sendiri. “Kasus ini masih akan kami selidiki dan kembangkan,” katanya.


Editor : Umaya Khusniah