Lahan Kosong di Tuban Tiba-Tiba Terbakar, 3 Gazebo dan 2 Truk Dilahap Api

Pipiet Wibawanto ยท Selasa, 01 September 2020 - 17:18:00 WIB
Lahan Kosong di Tuban Tiba-Tiba Terbakar, 3 Gazebo dan 2 Truk Dilahap Api
Petugas pemadam kebakaran berusaha memadamkan api di lahan kosong di Kabupaten Tuban. (Foto: iNews/Pipiet Wibawanto)

TUBAN, iNews.id - Sebuah lahan kosong di Tuban, Jawa Timur (Jatim) terbakar, Selasa (1/9/2020) siang. Akibatnya tiga gazebo dan dua unit truk bermuatan semen yang terparkir di pangkalan tak jauh dari lahan tersebut turut terbakar di bagian belakang.

Kejadian ini membuat panik sopir truk dan warga Desa Dugihwaras, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban. Mereka bergotong-royong berusaha mengevakuasi truk yang tengah terparkir di pangkalan.
 
Kondisi semak dan daun kering, diperparah embusan angin kencang menyebabkan kebakaran lahan ini cepat meluas. Warga segera melaporkan kejadian ini ke pihak terkait.

Tak lama kemudian, dua unit mobil pemadam kebakaran diterjunkan ke lokasi kejadian.  Setelah 30 menit berjibaku, petugas akhirnya berhasil memadamkan api.

Kebakaran diduga disebabkan teriknya sengatan matahari sehingga membakar daun-daun kering yang berserakan.

Salah satu sopir truk, Wasis Hartono tak menduga jika lahan kosong tersebut dapat terbakar dengan sendirinya. "Saya kira bukan api. Setelah saya tengok ke belakang ternyata api sudah besar," katanya.

Selama musim kemarau, masyarakat yang tinggal berdampingan dengan lahan kosong maupun area hutan diimbau waspada. kondisi alam yang kering dapat memicu kebakaran terjadi secara tiba-tiba.


Editor : Umaya Khusniah