Kondisi WNA China di RSUD Dr Soetomo Stabil, Tim Dokter Tunggu Hasil Uji Lab

Yudha Prawira ยท Selasa, 28 Januari 2020 - 12:00 WIB
Kondisi WNA China di RSUD Dr Soetomo Stabil, Tim Dokter Tunggu Hasil Uji Lab
Ruang isolasi RSUD Dr Soetomo, Surabaya (Foto: iNews.id/Yudha Prawira)

SURABAYA, iNews.id - Kondisi Warga Negara Asing (WNA) asal China yang dirawat di ruang isolasi khusus RSUD Dr Soetomo, Surabaya mulai stabil. Tim dokter masih menunggu hasil uji laboratorium swap pasien untuk memastikan pasien terjangkit virus korona atau tidak.

Hingga Selasa (28/1/2020) pagi, tim dokter terus memantau perkembangan kondisi kesehatan pasien berusia 25 tahun tersebut. WNA China itu mulai menjalani perawatan dan isolasi pada hari Minggu (26/1/2020).

Direktur RSUD Dr Soetomo Joni Wahyuhadi menjelaskan, dari diagnosa awal pasien yang berprofesi sebagai pengajar bahasa ini tidak terjangkit pneumonia, tetapi bronchitis akut.

"Waktu diagnosa pas masuk itu bukan pneumonia, masuknya lebih mengarah ke bronchitis pada saluran pencernaan sudah kita terapi. Nanti kami lihat klinisnya kalau memang lebih baik dan hasil swapnya negatif ya boleh pulang," katanya.

Tim dokter masih mengisolasi pasien hingga tiga hari ke depan sampai hasil uji laboratorium keluar.

"Kalau hasilnya positif ya akan kami terapi sesaui standar yang ada. Kalau negatif ya pulang," ujar Joni.

Kata Joni, pasien juga sudah menjalani pengobatan bronchitis. WNA asal China ini dirawat pada hari Minggu (26/1/2020) setelah mengalami sakit dengan gejala flu dan batuk. Dia datang ke Surabaya pada 5 Januari lalu.


Editor : Nani Suherni