KKP 1 Surabaya Amankan 426 Sertifikat Vaksinasi Palsu dari Calon Jamaah Umrah

Ihya Ulumuddin, Pramono Putra ยท Selasa, 31 Desember 2019 - 15:34 WIB
KKP 1 Surabaya Amankan 426 Sertifikat Vaksinasi Palsu dari Calon Jamaah Umrah
Kepala KKP Surabaya 1 M. Budi Hidayat saat memberikan keterangan sertifikat vaksinasi meningitis palsu. (Foto: iNews/Pramono Putra)

SIDOARJO, iNews.id - Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas 1 Surabaya, Jawa Timur (Jatim) mengamankan sertifikat vaksinasi palsu dari calon jamaah umrah di Bandara Internasional Juanda, Selasa (31/12/2019). Lebih dari 400 sertifikat palsu diamankan dari ratusan jamaah yang akan berangkat ke tanah suci.

Belum diketahui asal sertifikat vaksinasi palsu tersebut. Saat ini pihak KKP, telah melimpahkan dugaan pemalsuan tersebut ke Polres Sidoarjo.

“Jenis sertifikat palsu ini adalah vaksinasi meningitis yang memang menjadi syarat bagi calon jamaah umrah,” kata Kepala KKP Surabaya 1 M. Budi Hidayat, Selasa (31/12/2019).

Budi mengatakan, kasus dugaan pemalsuan dokumen sertifikat vaksinasi ini terungkap setelah petugas gabungan dari KKP dan Imigrasi melakukan pemeriksaan dokumen di bandara Juanda. Saat itulah petugas mendapati sertifikat vaksinasi meningitis tanpa hologram burung garuda.

“Atas temuan ini, kami akhirnya menunda keberangkatan para jamaah. Mereka baru boleh berangkat kalau memiliki dokumen asli,” katanya.

Budi menduga, ada pihak tak bertanggung jawab yang sengaja membuat dokumen palsu tersebut. Dokumen itu lantas dijual kepada calon jamaah umrah yang akan berangkat ke tanah suci.

“Untuk detilnya biar kepolisian. Kasus ini sudah kami limpahkan,” katanya.
Budi mengaku belum mendapatkan tersangka utama dalam kasus ini. Namun, pihaknya sudah mengamankan 426 sertifikat palsu sebagai barang bukti.

“Untuk calon jamaah masih tetap bisa berangkat, asal memiliki dokumen asli,” katanya.


Editor : Umaya Khusniah