Ketua Umum PSSI Apresiasi Pemkot Surabaya Siapkan Venue Piala Dunia U-20

Ihya Ulumuddin · Selasa, 11 Februari 2020 - 01:07 WIB
Ketua Umum PSSI Apresiasi Pemkot Surabaya Siapkan Venue Piala Dunia U-20
Ketua Umum PSSI Mochammad Iriawan meninjau stadion GBT untuk kesiapan calon venue piala dunia U-20 bersama Walikota Surabaya Tri Rismaharini, Senin (10/2/2020). (Foto: iNews.id/Ihya' Ulumuddin)

SURABAYA, iNews.id – Ketua Umum PSSI Mochammad Iriawan (Iwan Bule) mengapresiasi upaya Pemkot Surabaya dalam menyiapkan calon venue Piala Dunia U-20 2021. Iwan menilai, Surabaya paling serius dibanding daerah-daerah lain, kandidat tuan rumah.  

“Dari beberapa daerah yang saya kunjungi, alhamduilillah ibu yang paling serius untuk menyambut tuan rumah piala dunia U-20. Kepala daerah lainnya masih banyak yang nunggu,” kata Iwan Bule seusai meninjau stadion GBT, Senin (10/2/2020).

Karena itu, Iwan Bule menyampaikan terima kasih kepada Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini yang telah bekerja keras menyiapkan beberapa venue di Surabaya. Apalagi, berbagai pembangunan di segala sektor terus dilakukan hingga saat ini.

“Ini sangat membanggakan sekali bagi kami, ternyata Surabaya serius sekali untuk mempersiapkan venue world Cup U-20 2021. Sekali lagi terimakasih Bu Wali Kota,” katanya.

Demi suksesnya Piala Dunia U-20, kata dia, PSSI berharap peran aktif pemerintah kabupaten dan provinsi. Sebisa mungkin mereka ‘menjemput bola’ serta memberikan respon maksimal dalam membantu PSSI menyiapkan semua persyaratan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021.

“Dukungan optimal dari pemerintah daerah adalah salah satu poin penting, sehingga sebuah kota akan kami pilih sebagai salah satu dari enam ‘host cities’ Piala Dunia U-20 2021,” katanya.

Iwan menjelaskan, sesuai permintaan FIFA, PSSI telah menyiapkan 11 stadion calon venue piala dunia U-20. Nantinya, FIFA akan memilih enam dari 11 stadion yang ada. “Jadi nanti akan ada lima yang gugur. Mana saja yang dipilih, baru akan ditentukan Maret nanti,” katanya.

Setelah itu, rombongan PSSI didampingi Wali Kota Risma dan jajarannya langsung menuju GBT melalui akses tol. Tiba di GBT, rombongan ini langsung melihat pembangunan 3 lapangan yang saat ini sudah dikeruk lahannya. Kemudian, rombongan ini memasuki GBT dan melihat langsung berbagai renovasi yang dilakukan di dalamnya.

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mengatakan, selain fasilitas stadion dan lapangan penunjang, pihaknya juga tengah menyiapkan akes jalan menuju GBT.

“Targetnya semua infrastruktur aksesibilitasnya November paling lambat. Jadi kita berharap sebelum itu bisa kelar, karena ini semua sudah dilelang, termasuk akses jalannya dan perbaikan-perbaikan GBT,” katanya.

Khusus untuk tiga lapangan pendukung di sisi utara GBT, Risma memastikan, akan selesai lebih cepat. Sebab, pembangunannya sederhana dan tidak perlu konstruksi yang sulit. Nantinya, lapangan itu hanya rumput sesuai FIFA, kamar ganti, kemudian toilet dan ruang coachnya dan pagar-pagarnya.

“Jadi, sebenarnya tidak terlalu berat. Apalagi nanti pembangunan tiga lapangan itu akan dilakukan secara paralel, jadi sebetulnya bisa lebih cepat,” katanya.


Editor : Kastolani Marzuki