Kesadaran Menerapkan Protokol Kesehatan Turun, Satgas Covid-19 Sidoarjo Razia Masker

Pramono Putra ยท Kamis, 06 Agustus 2020 - 11:31 WIB
Kesadaran Menerapkan Protokol Kesehatan Turun, Satgas Covid-19 Sidoarjo Razia Masker
Razia masker yang dilanjutkan dengan tes cepat di Sidoarjo, Jatim. (Foto: iNews/Pramono Putra)

SIDOARJO, iNews.id - Satgas Penanganan Covid-19 Sidoarjo, Jawa Timur (Jatim) meningkatkan pengawasan dan penindakan bagi pelanggar aturan protokol kesehatan, khususnya pemakaian masker di luar rumah. Kesadaran masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan dinilai mulai berkurang.

Selain menerapkan sanksi sosial, Tim Satgas Penanganan Covid-19 Sidoarjo juga melakukan tes cepat di tempat bagi mereka yang kedapatan tidak memakai masker. Tim bekerja sama dengan pihak medis dari puskesmas setempat dan Dinas Kesehatan.

Wakil Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Sidoarjo, Kombes Pol Sumardji mengatakan, selain untuk mendisplinkan masyarakat dalam mematuhi protokol kesehatan, kegiatan ini juga merupakan pelaksanaan dari Instruksi Presiden. Aparat TNI-Polri diminta ikut mendisiplin masyarakat sebagai upaya untuk menekan penyebaran Covid-19.

“Kita ingin tegakkan disiplin masyarakat dalam menjalankan aturan protokol kesehatan, khusus memakai masker di luar rumah. Mengingat Covid-19 hingga kini masih ada,“ kata Sumardji, Kamis (6/8/2020) pagi.

Salah satu upaya penegakkan disiplin masyarakat dengan razia masker di pos check point perbatasan Desa Medaeng dan Desa Pepelegi, Waru, Sidoarjo, Kamis (6/8/2020) pagi.

Seluruh pemakai jalan yang tidak memakai masker akan dihentikan. Mereka wajib mengikuti rapid test yang dilakukan tim medis puskesmas setempat.

Selain dites, pelanggar juga mendapat sanksi sosial yakni penahana KTP selama 14 hari oleh pihak Satpol PP Sidoarjo.

“Saya minta masyarakat tetap menjalankan dan mentaati aturan protokol kesehatan dengan memakai masker dan jaga jarak saat berada di tempat keramaian umum,” ujar Kombes Pol Sumardji.


Editor : Umaya Khusniah