Kepergok Jalan-Jalan di Perkampungan, Seekor Buaya di Sidoarjo Ditangkap Warga

Yoyok Agusta ยท Senin, 09 Maret 2020 - 12:51 WIB
Kepergok Jalan-Jalan di Perkampungan, Seekor Buaya di Sidoarjo Ditangkap Warga
Seekor buaya ditangkap warga di Sidoarjo, Jatim. (Foto: iNews/Yoyok Agusta)

SIDORARJO, iNews.id - Seekor buaya yang tengah berkeliaran di perkampungan padat penduduk di Sidoarjo, Jawa Timur (Jatim) berhasil ditangkap warga, Minggu (9/3/2020) dini hari. Buaya tersebut dilepaskan kembali ke habitatnya sebelum jatuh korban.

Buaya sepanjang 1,5 meter ini ditangkap warga Desa Wedoro Klurak, Kecamatan Candi, Sidoarjo. Awalnya, seorang warga yang baru pulang kerja pada tengah malam mendapati seekor buaya sedang berjalan di jalan kampung.

Warga tersebut lantas mengajak warga lain untuk menangkapnya. Meski sempat berlari dan bersembunyi, buaya inipun berhasil ditangkap.

Moncong buaya ditali agar tidak menggigit. Tak lama kemudian, buaya kembali dilepas di sungai yang berada tak jauh dari kampung.

Menurut salah satu warga, Mintarjo, penangkapan buaya ini merupakan yang kedua kalinya dalam kurun waktu dua bulan terakhir. Meski tak menimbulkan korban, keberadaan hewan reptil di tengah kampung ini membuat warga resah.

“Kejadian sekitar jam 02.30 WIB, setelah ditangkap, buayanya dilepas di sungai dekat jembatan,” katanya, Senin (9/3/2020).

Sementara menurut warga lain, Heru, kemunculan buaya di kawasan tersebut baru mulai ada beberapa tahun terakhir. Dia menduga, habitat asli buaya sudah rusak oleh manusia.

“Kalau warga sih resah, karena banyak anak kecil sering mandi di sungai atau memancing,” katanya.

Mereka berharap kepada pemerintah atau BKSDA agar segara melakukan tindakan. Sehingga buaya-buaya tersebut tidak lagi berkeliaran di perkampungan warga.


Editor : Umaya Khusniah