Kementerian PUPR Bantu Surabaya Bangun Tanggul 400 Meter di Kali Lamong

Ihya Ulumuddin ยท Senin, 22 Juni 2020 - 22:01 WIB
Kementerian PUPR Bantu Surabaya Bangun Tanggul 400 Meter di Kali Lamong
Proses pembangunan tanggul di Sungai Kali Lamong. (Foto: iNews.id/dokumentasi)

SURABAYA, iNews.id – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) meneruskan proyek pembangunan tanggul Sungai Kali Lamong di Sumberrejo Kota Surabaya. Intervensi ini dilakukan setelah proyek tersebut berhenti di tengah jalan.

Sesuai rencana, Kementerian PUPR akan membangun tanggul sepanjang 400 meter. Proyek itu melanjutkan pembangunan tanggul sepanjang 100 meter yang sebelumnya dibangun Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Pematusan (DPUBMP) Kota Surabaya, Erna Purnawati mengatakan, proyek tanggul Sungai Kali Lamong bantuan PUPR awalnya diprioritaskan untuk daerah lain di luar Surabaya. Namun, karena tanahnya belum siap, proyek tersebut dialihkan ke Surabaya.

“Karena lokasinya belum clear, akhirnya tahun ini proyek itu dipindahkan ke Surabaya. Kita tidak minta. Karena memang di Surabaya itu sekitar 13 kilometer lokasi status tanahnya sudah clear,” katanya, Senin (226/2020).

Selain itu, akses jalan menuju lokasi pembangunan juga sudah mendukung. “Kalau di Surabaya sudah jelas semua, akses jalan enak, status tanah juga sudah clear,” paparnya.

Erna mengtatakan, dalam pengerjaan tanggul Sungai Kali Lamong ini, Pemkot Surabaya hanya menyiapkan lahan. Sedangkan proses pembangunan maupun lelang, semuanya dilakukan pemerintah pusat.

Diketahui, Sungai Kali Lamong kerap meluap dan menyebabkan banjir di wilayah Surabaya. Untuk mengantisipasi banjir ini, Pemkot Surabaya membangun beton penahan air dengan lebar 10 meter dan panjang 100 meter. Namun, dalam perjalanannya, proyek ini terhenti.


Editor : Ihya Ulumuddin