Kembangkan Usaha, Pelaku UMKM di Malang Raya Harus Manfaatkan Teknologi 

Ihya Ulumuddin · Kamis, 03 Februari 2022 - 04:06:00 WIB
Kembangkan Usaha, Pelaku UMKM di Malang Raya Harus Manfaatkan Teknologi 
Anggota Fraksi Partai Gerindra Aufa Zhafiri saat reses di Plaosan Timur, Kota Malang, Rabu (2/2/2022).

MALANG, iNews.id - DPRD Jawa Timur (Jatim) meminta para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Malang Raya memanfaatkan teknologi untuk mengembangkan usahanya. Sebab, teknologi memberi ruang seluas-luasnya bagi pelaku usaha untuk memasarkan produknya. 

"Sekarang teknologi sudah maju pesat. Maka digital marketing harus mulai dicoba oleh para pelaku UMKM. Cara-cara konvensional harus mulai diubah agar usaha semakin berkembang," kata Anggota Komisi B DPRD Jatim Aufa Zhafiri saat kegiatan serap aspirasi (reses) di Balai RW 12 Plaosan Timur, Kecamatan Blimbing, Kota Malang, Rabu (2/2/2022). 

Pesan itu disampaikan Aufa menyusul keluhan sejumlah pelaku UMKM atas sulitnya mengembangkan usaha. Dia berharap, para pelaku usaha mau berinovasi agar tetap survive, terutama di masa pandemi. 

"Kalau dulu orang tua kita berjualan pecel harus buka warung. Kini sudah berbeda zamannya. Kita bisa berjualan secara online. Tak perlu lagi punya toko, cukup dari rumah saja kita sudah bisa menghasilkan uang," kata politisi muda Gerindra ini. 

Aufa berjanji akan membantu menfasilitasi, termasuk kebutuhan sarana dan prasarana. Sebab, banyak program di Pemprov Jatim yang bisa dimanfaatkan. "Silakan buat proposal, nanti akan kami bantu, apa saja yang dibutuhkan, yang penting tidak atas nama pribadi," katanya. 

Selain itu, dia juga berharap agar para pelaku UMKM meningkatkan kompetensinya, mulai dari komunikasi dengan pelanggan, meningkatkan mutu atau kualitas produk hingga memperluas jaringan pasar. Pasalnya, kompetitor semakin banyak, termasuk yang telah memanfaatkan platform digital.

Editor : Ihya Ulumuddin

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: