Kedatangan Puluhan Pasien dengan Gejala Covid-19 hampir Bersamaan, IGD RSUD dr Soetomo Sempat Tutup

Rahmat Ilyasan ยท Senin, 18 Mei 2020 - 15:41 WIB
Kedatangan Puluhan Pasien dengan Gejala Covid-19 hampir Bersamaan, IGD RSUD dr Soetomo Sempat Tutup
Ketua Tim Kuratif Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, dr Joni Wahyuhadi. (Foto: iNews/Rahmat Ilyasan)

SURABAYA, iNews.id – Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSUD dr Soetomo Surabaya, Jawa Timur (Jatim) sempat kewalahan menerima kedatangan pasien dengan gejala klinis Covid-19 dalam waktu hampir bersamaan. Akibatnya, IGD sempat ditutup sementara dan dilakukan disinfeksi. Setelahnya, layanan kembali dibuka.

Ketua Rumpun Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Jatim, dr Joni Wahyuhadi mengatakan, ada puluhan pasien yang datang ke IGD baik sendiri atau diantar keluarga dan tim Command Center (CC) 112 Surabaya dalam waktu yang hampir bersamaan.

“Bahkan hingga Minggu pagi, masih ada 35 pasien Covid-19 yang belum mendapat kamar dan ditempatkan di IGD,” kata dr Joni di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Minggu (17/5/2020).

Sebagian dari pasien-pasien ini dibawa oleh Tim CC 112 namun tidak berkoordinasi dengan call center rumah sakit terlebih dulu. Pasien-pasien ini bahkan kemudian ditinggal begitu saja di IGD.

“Ini membuat petugas sempat kewalahan,” katanya.

Sebelumnya, terdapat tulisan surat pemberitahuan di depan pintu IGD RSUD dr Soetomo Surabaya yang bertuliskan tidak menerima pasien baru karena masih ada 35 pasien terkonfirmasi positif virus corona. Kabar tersebut dibantah dr Joni yang juga direktur utama RSUD dr Soetomo.

Menurutnya, yang benar yakni akibat banyaknya pasien yang datang di waktu yang hampir bersamaan, IGD RSUD dr Soetomo Surabaya sempat ditutup sementara untuk dilakukan disinfeksi. Selain itu, pasien akut dipindahkan ke kamar lain agar tidak tertular Covid-19.
Maka dari itu, gedung IGD ditutup sementara dan dilakukan evakuasi pasien serta sterilisasi ruangan menggunakan disinfektan. Setelah semua teratasi, maka IGD kembali dibuka.

Dia mengimbau agar ke depan, masyarakat yang hendak mengantar kerabat atau keluarga ke IGD di rumah sakit manapun, sepanjang menyangkut keluhan gejala klinis Covid-19, sebaiknya berkomunikasi terlebih dahulu dengan call center, salah satunya di nomor 112. Dengan demikian, pasien akan langsung diarahkan ke rumah sakit rujukan yang sudah siap menangani pasien.


Editor : Umaya Khusniah