Kecanduan Game Online, Bocah SMP Bakar Rumah Tetangga karena Tak Dapat Uang untuk Top Up

Yoyok Agusta ยท Senin, 10 Mei 2021 - 12:41:00 WIB
Kecanduan Game Online, Bocah SMP Bakar Rumah Tetangga karena Tak Dapat Uang untuk Top Up
Garis polisi dipasang di rumah yang dibakar bocah SMP di Perumahan Citra Sentosa Mandiri CSM, Kecamatan Candi, Kabupaten Sidoarjo. (Foto: iNews/Yoyok Agusta)

SIDOARJO, iNew.id - Seorang bocah SMP berinisial AFS (15), warga Perumahan Citra Sentosa Mandiri CSM, Kecamatan Candi, Kabupaten Sidoarjo, nekat membakar rumah tetangganya. Pelaku yang kecanduan game online diduga kesal karena tak mendapatkan uang untuk top up permainan yang membutuhkan jaringan internet itu.

Pelaku membakar rumah tetangganya bernama Andrian Asrianto, pada Sabtu (8/5/2021) pukul 18.30 WIB. Akibatnya, seisi rumah korban ludes terbakar. Kini pelaku sudah diamankan polisi dan dimintai keterangan di Unit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Polresta Sidoarjo.

Peristiwa kebakaran pertama kali diketahui oleh warga sekitar yang melihat ada asap bersumber dari rumah tersebut. Warga sekitar kemudian memastikan sumber asap tersebut dan melihat AFS tengah berada di dalam rumah.

Warga yang takut dengan kobaran api enggan masuk dan menangkap AFS. Mereka menunggu di luar ruamah. AFS baru ditangkap warga setelah dia keluar rumah dengan melompat pagar. Usai diamankan warga, pelaku kemudian diserahkan kepolisi.

Dari keterangan warga sekitar, rumah milik Andrian Ashrianto, warga Perumahan Citra Sentosa Mandiri, Kecamatan Candi itu dalam kondisi kosong. Pemilik rumah tengah keluar rumah.

"Saat kebakaran terjadi, kondisi rumah kosong. Pemilik rumahnya lagi berbuka puasa di luar rumah bersama keluarganya," kata warga yang tidak mau disebutkan namanya.

Untuk memadamkan kebakaran, dua mobil pemadam kebakaran diterjunkan ke lokasi. Api berhasil dipadamkan sekitar pukul 19.30 WIB. Dari hasil pemeriksaan sementara, rumah mengalami kerusakan berat akibat kebaran tersebut.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kebakaran itu. Polisi masih mendalami kasus pembakaran yang diduga dilakukan anak SMP.

Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol Sumardji mengatakan, pelaku bersama saksi lainnya sudah dimintai keterangan di Unit PPA Polresta Sidoarjo. Kasus pembakaran rumah itu masih terus didalami.

"Pelaku sudah dimintai keterangan dan akan mencari motif pembakaran itu. Dari hasil pemeriksaan, pelaku sering bermain game online," kata Kombes Sumardji.

Pelaku yang kecanduan game online diduga hendak mencuri di rumah korban untuk top up game online. Namun, dia tidak mendapatkan uang di rumah sehingga jengkel dan membakar kasur hingga meluas ke seisi rumah.

Editor : Maria Christina

Bagikan Artikel: