Kebakaran Hutan di Gunung Ijen, Akses Banyuwangi-Bondowoso Ditutup

Eris Utomo ยท Jumat, 25 Oktober 2019 - 16:52 WIB
Kebakaran Hutan di Gunung Ijen, Akses Banyuwangi-Bondowoso Ditutup
Petugas saat menyiram kobaran api kawasan hutan Gunung Ijen di tepi jalan akses Banyuwangi-Bondowoso, Jumat (25/10/2019). (Foto: Eris Utomo)

BANYUWANGI, iNews.id – Kobaran api masih membakar kawasan hutan di Pegunungan Ijen, Banyuwangi, Jawa Timur hingga Jumat (25/10/2019) siang. Mengantisipasi terjadinya hal tak diinginkan, akses penghubung Kabupaten Banyuwangi dan Bondowoso ditutup bagi kendaraan yang hendak melintas.

Pantauan iNews, kencangnya angin dan suhu udara panas pada kemarau ini, menyebabkan api cepat besarnya dan merembet. Kobarannya saat ini bahkan telah sampai ke tepi jalan di kawasan Hutan Konservasi Taman Wisata Alam Kawah Gunung Ijen.

Sampai saat ini, petugas gabungan bersama para relawan masih berjibaku dengan berupaya keras memadamkan api dan serta mencegahnya meluas. Namun pemadaman dilakukan secara manual sehingga prosesnya cukup sulit.

Kebakaran hutan di Taman Wisata Alam Kawah Ijen luasannya yang terbakar sekitar 2 Km dengan lebar 500 meter dan terjadi di pinggiran gunung. Kami sudah koordinasikan dengan BKSDA untuk penanganannya,” ujar Kasi Penanganan Bencana BPBD Banyuwangi Eka Muharam, Jumat (25/10/2019).

Menurutnya, selain pemadaman manual juga dilakukan penyiraman untuk mengisolasi lahan yang terbakar dan mencegahnya meluas. BPBD Banyuwangi juga akan segera meminta BNPB untuk pemadaman melalui udara dengan cara water bombing menggunakan helikopter.

Diketahui, kebakaran hutan konservasi, hutan lindung dan produksi ini telah berlangsung sejak sepekan silam. Bahkan saat ini jalur pendakian telah ditutup karena membahayakan pendaki maupun warga setempat yang menjadi penambang belerang.


Editor : Donald Karouw