Kebakaran di Gunung Lawu Magetan Meluas ke Hutan Lindung

Asfi Manar ยท Sabtu, 16 November 2019 - 17:14 WIB
Kebakaran di Gunung Lawu Magetan Meluas ke Hutan Lindung
Tim gabungan berusaha memadamkan api yang membakar hutan lindung Gunung Lawu, Kabupaten Magetan, Jawa Timur, Sabtu (16/11/2019). (Foto: iNews/Asfi Manar)

MAGETAN, iNews.idKebakaran Gunung Lawu di Kabupaten Magetan, Jawa Timur (Jatim), semakin meluas memasuki hari kedua, Sabtu (16/11/2019). Tim gabungan masih berusaha melakukan pemadaman, namun api belum berhasil dijinakkan.

Dari video amatir Tim Satgab Kebakaran, tampak sejumlah tim pemadam berjibaku menjinakkan api di petak 57 Desa Bedagung, Kecamatan Panekan. Sulitnya medan dan media bakar berupa ilalang ditambah angin kencang, membuat petugas kesulitan memadamkan api.

Hingga Sabtu siang, kebakaran hutan lereng Lawu telah meluas hingga mencakup tiga desa, yaitu Desa Bedagung, Desa Sukowidi, dan Desa Ngliliran, Kecamatan Panekan.

 

BACA JUGA:

Kebakaran di Gunung Lawu Magetan, Jalur Pendakian Ditutup Sementara

Kebakaran Kembali Landa Hutan Gunung Ciremai, Petugas Kewalahan Padamkan Api

 

Dari ketiga desa itu, terdapat lima petak lahan Perhutani yang telah hangus dilalap api. Sebagian belum bisa dipadamkan. Pihak berwenang juga belum bisa memperkirakan kapan kebakaran ini bisa diatasi.

Perhutani Lawu Ds sebagai pemangku wilayah pun belum bisa memperkirakan dampak kerugian dari hutan produktif dan lindung yang terbakar.

“Hutan yang terbakar dari mulai kemarin, kemarin hutan produksi, hari ini ke hutan lindung, jadi petak 73, 56,” kata Asisten Perhutani (Asper) Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Lawu Selatan, Marwoto.

Hutan yang terbakar sebagian besar merupakan hutan produktif berupa tanaman pohon pinus. Sedikitnya 450 orang terlibat dalam upaya pemadaman kebakaran hutan yang terjadi sejak Jumat kemarin.

“Petak yang sudah terbakar ini sudah terlokalisir. Semua unsur sudah bergerak. Kami minta doa dari semua masyarakat agar mudah-mudahan ini bisa kami padamkan,” kata Marwoto.


Editor : Maria Christina