Kantor PU Bina Marga dan Sumber Daya Air Digeledah KPK terkait Korupsi Bupati Sidoarjo

Antara ยท Jumat, 10 Januari 2020 - 17:12 WIB
Kantor PU Bina Marga dan Sumber Daya Air Digeledah KPK terkait Korupsi Bupati Sidoarjo
Beberapa polisi bersenjata lengkap mengamankan proses penggeledahan kantor Dinas PU dan Sumber Daya Air Sidoarjo, oleh KPK. (Foto: Antara)

SIDOARJO, iNews.id - Sejumlah ruangan di Dinas PU Bina Marga dan Sumber Daya Air Pemerintah Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur (Jatim) digeledah beberpaa petugas dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jumat (10/1/2020). Penggeledahan ini menyusul adanya operasi tangkap tangan (OTT) KPK kepada Bupati Sidoarjo, Saiful Ilah.

Megendarai sebuah mobil Innova warna hitam, empat orang masuk ke dalam kantor. Sementara mobil terparkir dekat pintu masuk.

Penggeledahan dimulai sekitar pukul 09.00 WIB dan dikawal ketat petugas Kepolisian Resor Kota Sidoarjo Jawa Timur. Sebanyak lima petugas bersenjata lengkap, terlihat berjaga dan keluar masuk kantor.

Jurnalis dan juga masyarakat umum yang menyaksikan penggeledahan ini dilarang untuk masuk ke dalam kantor. "Silahkan tunggu di luar," kata seorang petugas jaga.

BACA JUGA: KPK Sita Rp1,8 Miliar dalam OTT Bupati Sidoarjo Saiful Ilah

Selama penggeledahan, beberapa pegawai Dinas PU Bina Marga dan Sumber Daya Air Sidoarjo, diperbolehkan masuk ke dalam kantor setelah diperiksa petugas. Mereka ditanya maksud dan tujuan.

Dari pantauan di lapangan, penggeledahan sempat terhenti beberapa saat saat petugas dari KPK melaksanakan shalat Jumat di Masjid Agung Sidoarjo. Ketika dikonfirmasi, petugas lebih memilih diam sambil menuju ke masjid.

Sebelumnya KPK resmi menetapkan Bupati Sidoarjo, Saiful Ilah menjadi tersangka penerimaan suap terkait proyek infrastruktur. Selain Saiful, KPK menetapkan kepala dinas dan pejabat di lingkungan Pemkab Sidoarjo sebagai tersangka.

"Sejalan dengan penyidikan tersebut, KPK menetapkan enam orang tersangka," kata Wakil Ketua KPK, Alexander Marwata di kantornya, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Rabu (8/1/2020)

KPK juga menyegel beberapa ruangan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sidoarjo, di antaranya ruang kerja Bupati Sidoarjo di Pendopo Kabupaten, Rumah Dinas Bupati Sidoarjo dan ruang LPSE di Pemkab Sidoarjo.


Editor : Umaya Khusniah