Kades Serah Gresik Dinilai Tak Transparan, Warga Ramai Datangi Balai Desa

Ashadi Iksan ยท Rabu, 16 September 2020 - 11:06 WIB
Kades Serah Gresik Dinilai Tak Transparan, Warga Ramai Datangi Balai Desa
Puluhan warga Desa Serah saat menggeruduk kepala desa. (Foto: SINDOnews/Ashadi Iksan)

GRESIK, iNews.id - Puluhan warga Serah, Kecamatan Panceng, Gresik, Jawa Timur (Jatim) menggeruduk kantor Balai Desa sebagai protes terkait pembangunan. Sayang, saat didatangi, Kepala Desa (Kades) Abdul Said justru tak menampakkan diri.

Aksi warga ini dilakukan Selasa (15/9/2020) siang. Mereka mendatangi dan ingin menanyakan secara langsung program pembangunan desa yang dinilai tertutup.

Warga juga mengaku tak lagi percaya dengan pemerintah desa. Hal tersebut seperti tertulis pada banner yang mereka bawa, bertuliskan 'Aku wes gak percoyo karo pemerintah deso'.

Total ada tiga banner yang dipasang tepat di pintu masuk balai Desa Serah. Hingga pukul 12.01 WIB, batang hidung kades belum juga muncul.

Hari, salah satu warga Serah mengatakan jika kadesnya tidak transparan. Sejumlah kegiatan pembangunan tidak pernah diketahui warga termasuk sumber anggaran juga tidak jelas.

"Kami tidak pernah tahu anggaran yang digunakan. Salah satunya membeli tanah seharga Rp50 juta," ujar Hari.

Dirinya bersama warga yang lain terus mendesak kades untuk meminta transparan. "Gak tahu kades gak ada mulai pagi sampai siang. Gak ada ke kantor," katanya.

Akibat aksi ini, sejumlah polisi dan TNI nampak bersiaga di lokasi. Mereka berjaga-jaga untuk mengantisipasi terjadinya kericuhan.

Kapolsek Panceng, AKP Jannah mengatakan, dirinya sudah berupaya menghubungi kades. Namun, tidak ada jawaban sama sekali.

Dia juga memgaku sudah menyampaikan ke camat untuk segera menyelesaikan masalah tersebut.

"Mungkin hp nya mati. Tadi sudah saya sampaikan ke pak camat juga agar kades segera menemui warganya," katanya.


Editor : Umaya Khusniah