Kades di Pamekasan Sediakan Lahan Pemakaman untuk Korban Corona

Dedy Priyanto ยท Kamis, 16 April 2020 - 17:14 WIB
Kades di Pamekasan Sediakan Lahan Pemakaman untuk Korban Corona
Lokasi pemakaman jenazah korban corona di Pamekasan, Jatim. (Foto: iNews/Dedy Priyanto)

PAMEKASAN, iNews.id – Seorang kepala desa di Pamekasan, Jawa Timur (Jatim) mewakafkan tanah desa untuk dijadikan lahan pemakaman korban Covid-19. Nantinya, korban corona yang dimakamkan di lahan ini bisa berasal dari mana saja seluruh Indonesia.

Rofiuddin, Kepala Desa Potoan Daya, Kecamatan Palengaan, Pamekasan merasa miris dengan banyaknya kasus penolakan pemakaman korban corona. Maka dari itu dia berinisiatif menyumbangkan tanah desa sebagai tempat pemakaman pasien corona.

Tanah yang diwakafkan ini sebelumnya memang tempat pemakaman umum desa yang memiliki luas 2.000 meter persegi. Sementara lokasi lahan ini juga jauh dari perkampungan warga.

Lahan ini mampu menampung hingga 1.000 jenazah. Bahkan, warga sekitar desa tersebut bersedia menjadi relawan yang akan membantu pemakaman jenazah.

“Alasan utamanya karena adanya kasus-kasus penolakan jenazah corona dan kesensitifitasan masyarakat yang berkurang, jadi kami tergugah,” katanya, Rabu (15/4/2020).

Dia berharap dengan tindakan ini dapat menjadi inspirasi bagi daerah lain dan menggugah hati masyarakat terkait kasus serupa.

Sementara itu, hingga saat ini, di Pamekasan ada lima orang yang dinyatakan positif corona, satu di antaranya meninggal dunia yakni remaja umur 11 tahun. Pasien tersebut merupakan orang Pamekasan pertama yang terkonfirmasi positif Covid-19 dan termuda di Indonesia.


Editor : Umaya Khusniah