Jokowi Akan Tonton Laga Arema vs Persebaya, 4.260 Polisi Disiagakan

Ihya Ulumuddin ยท Kamis, 11 April 2019 - 13:08 WIB
Jokowi Akan Tonton Laga Arema vs Persebaya, 4.260 Polisi Disiagakan
Suporter Persebaya Surabaya saat memberikan dukungan ke tim kesayangannya. (Foto: Dok iNews.id)

SURABAYA, iNews.id – Polda Jawa Timur (Jatim) tidak ingin kecolongan di laga pamungkas Piala Presiden 2019 yang mempertemukan Arema vs Persebaya, Jumat (12/4/2019) besok. Mengantisipasi gangguan keamanan, 4.260 personel gabungan disiagakan pada pertandingan itu.

Dibanding laga pertama di Surabaya, Selasa (9/4/2019) lalu, jumlah pengamanan ini jauh lebih banyak. Selain karena laga penentuan, pengamanan ini diperketat menyusul rencana kedatangan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di stadion.

“Sampai pagi tadi kami dapat laporan personel ada 4.260. jumlah ini bisa ditambah lagi, karena Pak Jokowi akan hadir. Bisa sampai 5.000-an,” kata Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan, Kamis (11/4/2019).

Mengantisipasi gesekan antarsuporter, pihaknya mengimbau kepada  suporter Bonek untuk menjaga diri. Tidak memaksa hadir atau datang ke Malang lantaran  justru akan memicu terjadinya gesekan.

“Kemarin Arema bagus, tidak bergerak ke Surabaya. Kami terima kasih sekali. Kami berharap Bonek juga menaati kesepakatan yang sudah ada,” katanya.

Seperti diketahui, beberapa waktu lalu Aremania dan Bonek telah menandatangani kesepakatan untuk tidak saling bertandang saat Arema dan Persebaya bertemu. Bonek tidak datang saat Persebaya tandang ke Arema. Sebaliknya, Aremania juga tidak datang saat Arema FC tandang ke kandang Persebaya.

Kendati demikian, antisipasi tetap dilakukan. Mulai nanti malam misalnya, polisi akan menyiagakan petugas di pintu-pintu masuk Kota Malang. Bonek yang memaksa hadir akan dihalau dan dipulangkan.

“Akan ada penyekatan-penyekatan, apabila ada suporter Bonek yang ke Malang,” katanya.


Editor : Maria Christina