Jika Piala Dunia U-20 Sukses, Indonesia Berpeluang Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2032

Ihya' Ulumuddin ยท Sabtu, 21 Desember 2019 - 17:46 WIB
Jika Piala Dunia U-20 Sukses, Indonesia Berpeluang Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2032
Menpora Zainudin Amali saat bertemu Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak di acara Sekolah Politik Generasi Muda Golkar Jatim, Sabtu (21/12/2019) (Foto: Ihya' ulumuddin/iNews)

SURABAYA, iNews.id - Pemerintah Indonesia masih berambisi menjadi tuan rumah Olimpiade 2032. Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengatakan, pintu masuk agar bisa menjadi tuan rumah pesta olahraga dunia bergengsi itu dengan mensukseskan Piala Dunia U-20 pada 2021 mendatang.

"Di kota manapun, venue Piala Dunia U-20 tentukan FIFA. Maka mari kita tunjukkan dengan memberikan kenyamanan dan keamanan seluruh tim yang akan bertanding. Kita tunjukkan keramahan kita," kata Zainudin di sela acara sekolah politik generasi muda Golkar Jatim, di Surabaya, Sabtu (21/12/2019).

BACA JUGA: Jelang Piala Dunia U-20 2021, PSSI Gandeng Kementerian PUPR

Dia menambahkan, salah satu cara untuk mensukseskan Piala Dunia U-20 ini harus dibarengi dengan sikap ramah dari pemerintah daerah. Dia meminta ke pemerintah daerah untuk membuat delegasi negara tamu terkesan.

"Pemerintah daerah kita harap memberikan tontonan budaya lokal yang membuat mereka terkesan ketika mengikuti penyelanggaraa. Piala Dunia U-20," imbunya.

Zianudin optimis suksesnya Indonesia di penyelenggaran piala dunia sepak Bola U 20 akan semakin memperkuat Indonsia untuk menjadi tuan rumah Olimpiade 2032.

Di luar itu, pihaknya juga terus berkomunikasi dengan International Olympic Committee (IOC) agar menyetujui Indonesia menjadi tuan rumah event olahraga sejagat itu. Zainudin mengaku telah mendapat tugas khusus dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mengawal proses itu.

"Ya pak Presiden telah memanggil saya. Beliau meminta saya untuk ke markas IOC guna membicarakan keinginan kita menjadi tuan rumah Olimpiads 2032," katanya.

Lebih lanjut Zainudin menambahkan, ada tiga hal yang akan menjadi penawaran ke IOC agar Indonesia bisa menjadi tuan rumah Olimpiade 2032.

Pertama, kesuksesan Indonesia dalam menyelenggarakan Asean Games beberapa waktu lalu di Jakarta dan Palembang. Kedua, fasilitas venue cabang olahraga yang cukup memadai dan layak untuk kegiatan event olahraga bertaraf Internasional. Ketiga adalah moment penyelenggaraan sepak bola piala dunia usia 20 tahun 2021 yang akan digelar di Indonesia.

"Di luar itu, kami juga optimsis, karena kita juga memiliki pak Eric Tohir (Menteri BUMN) yang saat ini menjadi salah satu eksekutif di komite di IOC," katanya.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto