Jembatan Penghubung 5 Desa di Malang Ambrol Tergerus Arus Sungai yang Banjir

Saif Hajarani ยท Selasa, 03 Maret 2020 - 18:34:00 WIB
Jembatan Penghubung 5 Desa di Malang Ambrol Tergerus Arus Sungai yang Banjir
Jembatan di Malang yang roboh akibat tergerus arus sungai yang meluap. (Foto: iNews/Saif Hajarani)

MALANG, iNews.id - Jembatan penghubung yang menjadi akses lima desa di Malang, Jawa Timur (Jatim) ambrol akibat derasnya arus sungai setelah hujan deras. Tak hanya itu, sebuah pohon besar tumbang dan menimpa jembatan.

Jembatan penghubung ini berada di Dusun Binangun, Desa Genengan, Kecamatan Pakisaji, Kabupaten Malang. Setidaknya ada lima desa yang terdampak akibat ambrolnya jembatan yang dibangun swadaya pada tahun 1984 ini.

Agar kembali dapat dilewati, untuk sementara warga dan anggota BPBD Malang memasang jembatan dari bambu. Karena bila tidak, warga harus memutar lebih dari tiga kilometer untuk beraktifitas.

Warga juga mengevakusi pohon tumbang yang menimpa jembatan. Sebagian yang lain membersihkan sisa sampah kayu dan bambu yang terbawa arus dan tertahan di pinggir pondasi jembatan.

Ketua RW setempat, Sumiyar mengatakan sampah kayu dan bambu yang terbawa arus air tertahan di bawah sungai. Akibatnya air menggerus fondasi jembatan.

“Ditambah lagi ada pohon roboh menimpa jembatan, sehingga ambrol dan hanyut terbawa arus air,” katanya, Selasa (3/3/2020).

Dia menambahkan, jembatan penghubung antar desa ini merupakan jalur penting yang memudahkan warga untuk beraktivitas. Maka dari itu, mereka meminta pemerintah daerah segera melakukan pembenahan terhadap jembatan tersebut.

Editor : Umaya Khusniah

Bagikan Artikel: