Jelang PSBB di Sidoarjo, Petugas Gabungan Razia Pemudik di Terminal Purabaya

Ihya Ulumuddin, Pramono Putra ยท Kamis, 23 April 2020 - 14:18 WIB
Jelang PSBB di Sidoarjo, Petugas Gabungan Razia Pemudik di Terminal Purabaya
Pemeriksaan penumpang yang berasal dari luar kota di Terminal Purabaya, Sidoarjo. (Foto: iNews/Pramono Putra)

SIDOARJO, iNews.id – Petugas gabungan yanng terdiri atas TNI-Polri dan Dinas Perhubungan Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur (Jatim) merazia pemudik yang tiba di Terminal Purabaya, Bungurasih, Kamis (23/4/2020). Petugas memeriksa identitas dan kondisi kesehatan pemudik, untuk memastikan mereka bebas corona (Covid-19).

Pemudik dari wilayah zona merah melewati proses pemeriksaan lebih panjang. Selain pemeriksaan identitas dan kesehatan, mereka juga diwajibkan untuk mengisolasi diri di tempat tujuan atau di terminal Bungurasih.

“Semua pemudik wajib menjalani pemeriksaan. Ini untuk memastikan kondisi mereka sehat atau tidak. Khusus untuk pemudik dari zona merah, wajib isolasi. Kalau tidak, mereka kami minta kembali,” kata Kapolresta Sidoarjo, Kombes Pol Sumardji disela razia, Kamis (23/4/2020).

Sumardji mengatakan, pihaknya bekerjasama dengan Pemkab Sidoarjo telah menyiapkan ruang isolasi di terminal Purabaya. Fasilitas ini disiapkan bagi pemudik yang datang dari zona merah.

“Kalau tidak mau di sini (terminal), mereka wajib isolasi mandiri di tempat tujuan,” katanya.

Sumardji mengatakan, razia ini digelar menyusul larangan mudik dari pemerintah. Upaya ini juga dilakukan sebagai persiapan penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di sebagian wilayah di Sidoarjo.

“Karena itu, semua harus mematuhi imbauan pemerintah, agar penyebaran corona ini bisa dicegah,” ujarnya.

Sementara itu, meski jumlah pemudik tak begitu banyak, masih ada beberapa di antara mereka yang datang dari zona merah corona. Di antaranya adalah Tangerang, Jakarta dan sejumlah kota dengan kasus tinggi di Jawa Tengah.(ihya’ ulumuddin)


Editor : Umaya Khusniah