Jatuh Saat Pindahkan Sampah, Petugas Kebersihan di Malang Tewas

Yuswantoro ยท Rabu, 22 Agustus 2018 - 17:10 WIB
Jatuh Saat Pindahkan Sampah, Petugas Kebersihan di Malang Tewas
Petugas memeriksa jenazah Sugito, petugas kebersihan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Malang yang tewas saat bertugas, Rabu (22/8/2018). (Foto: iNews/Yuswantoro)

MALANG, iNews.id – Seorang petugas kebersihan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Malang, Jawa Timur tewas saat menjalankan tugasnya di tempat pembuangan sementara (TPS), Rabu (22/8/2018). Korban tewas setelah terjatuh dan kepalanya terbentur saat hendak memindahkan sampah ke truk.

Peristiwa nahas itu terjadi tepat di saat Perayaan Hari Raya Idul Adha 1439 H, pagi tadi, sekitar pukul 09.30 WIB di TPS Jalan Keben, Kelurahan Bandungrejosari, Kecamatan Sukun, Kota Malang. Korban atas nama Sugito (43) merupakan warga Jalan Janti Selatan VII RT 2, RW 6 Kelurahan Bandungrejosari, Kecamatan Sukun, Kota Malang.

Kapolsek Sukun, Kompol Tri Hananta mengatakan, saat kejadian korban sedang berusaha memindahkan sampah dari gerobaknya ke truk pengangkut untuk dibawa ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Supiturang.

"Berdasarkan laporan yang kami terima, korban terjatuh saat proses pemindahan sampah. Posisi kepalanya membentur tembok TPS, dan akhirnya meninggal dunia karena pendarahan hebat," ucapnya, Rabu (22/8/2018).

Saat kejadian, korban bertugas memindahkan sampah ke dalam truk pengangkut sampah milik DLH Kota Malang, bernomor polisi N 8051 AP, yang dikemudikan Sutrisno. Korban terjatuh, tepat di belakang bak truk pengangkut sampah tersebut. "Kami sudah meminta keterangan para saksi, dan mendatangkan tim identivikasi Polres Malang Kota, untuk dilakukan olah tempat kejadian perkara (TKP)," ujar Tri.

Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Malang, Sutiaji menyampaikan rasa duka cita yang mendalam atas kejadian ini. "Kami sangat berduka atas kejadian ini, dan turut berbela sungkawa untuk keluarga yang ditinggalkan," katanya.

Saat ini, pihaknya sudah meminta DLH Kota Malang, berkoordinasi dengan Polres Malang Kota, untuk memastikan kronologis kejadian kecelakaan kerja hingga mengakibatkan korban meninggal dunia.

Wali Kota Malang, terpilih untuk periode 2018-2023 tersebut mengatakan, DLH juga diminta untuk mengevaluasi prosedur keamanan kerja bagi para pengangkut sampah ini.

"Informasi yang kami terima, korban terpeleset lalu terjatuh. Kami meminta, agar keamanan kerjanya dievaluasi, agar tidak terulang lagi," ujarnya.


Editor : Himas Puspito Putra