Jasad di Puncak Lawu Identik dengan Pendaki yang Dilaporkan Hilang

Asfi Manar ยท Selasa, 07 Juli 2020 - 08:49 WIB
Jasad di Puncak Lawu Identik dengan Pendaki yang Dilaporkan Hilang
Tim SAR dan relawan berkoordinasi, mengalihkan proses evakuasi pendaki gunung lawu yang tewas ke rute Cemoro Kandang, Jawa Tengah. (Foto: iNews.id/Asfi Manar)

MAGETAN, iNews.id – Jasad tanpa identitas yang ditemukan di puncak Gunung Lawu, identik dengan pendaki yang dilaporkan hilang. Hasil identifikasi petugas, jasad laki-laki tersebut bernama Sulistyawan, pendaki asal Karangayar, Jawa Tengah, yang terpisah dari rombongan.

Korban ditemukan tak jauh dari lokasi hilang, tempat korban dan rombongan mendirikan tenda. Saat ditemukan, korban tidak memakai baju dan hanya mengenakan celana. Dugaan sementara, korban tewas akibat cuaca ekstrem.

“Jasad yang ditemukan identik dengan pendaki yang dilaporkan hilang. Atas pertimbangan tim lapangan, evakuasi dilakukan melaui rute Cemoro Kandang Karanganyar. Kemungkinan akan sampai dini hari nanti,” kata Wakil Administratur Perhutani Lawu, Maluti Joko Sundoro, Senin (6/7/2020) malam.

Dia mengatakan, meski telah dipastikan identitas korban, identifikasi secara lengkap tetap akan dilakukan saat tiba Cemoro Kandang nanti. Sedangkan proses pencarian dari jalur Cemoro Sewu dihentikan. Seluruh petugas dan relawan juga telah ditarik ke pos penjagaan.

Sementara itu pantauan iNews.id, kondisi cuaca baik di pos pemberangkatan Cemoro Sewu maupun rute menuju puncak Lawu terpantau ektrem. Selain kabut cukup tebal, suhu juga sangat dingin. Akibatnya, para pendaki terpaksa mempercepat jadwal pendakian untuk menghindari cuaca buruk yang diperkirakan masih akan terjadi beberapa hari ke depan.

Diketahui, pendaki Gunung Lawu asal Karanganyar, Jawa Tengah, Sulistyawan dilaporkan hilang pada Minggu (5/7/2020) malam. Saat itu, korban tiba-tiba tidak kembali sesaat setelah mengantarkan rekannya buang air kecil tak jauh dari tempat mendirikan tenda. Padahal, teman yang diantarkan sudah kembali.


Editor : Ihya Ulumuddin