Jalani Perawatan 1 Bulan, 70 Santri di Jombang Sembuh Covid-19 dan Boleh Pulang

Mukhtar Bagus ยท Jumat, 16 Oktober 2020 - 12:00:00 WIB
Jalani Perawatan 1 Bulan, 70 Santri di Jombang Sembuh Covid-19 dan Boleh Pulang
Gedung Aparma Unipdu Peterongan Jombang sepi usai 70 santri sembuh dan dibolehkan pulang. (Foto: iNews/Mukhtar Bagus)

JOMBANG, iNews.id – Sebanyak 70 santri positif Covid-19 dari berbagai pondok pesantren di Kabupaten Jombang, Jawa Timur (Jatim) dinyatakan sembuh. Sebelumnya, mereka menjalani perawatan selama kurang lebih satu bulan.

Para santri yang sembuh ini sudah diperbolehkan pulang ke pondok pesantren ataupun rumah masing-masing. Suasana lokasi perawatan santri positif Covid ini pun berubah sepi. Hanya tersisa tiga santri yang masih menjalani perawatan di Gedung Aparma Unipdu Peterongan Jombang.

Penanggung Jawab Isolasi, dr Kh Zulfikar As’ad menjelaskan, sebelumnya Gedung Aparma ini menampung puluhan pasien Covid terutama dari klaster pondok pesantren. Setidaknya ada 70 lebih santri dari lima pondok pesantren yang dirawat dan diisolasi di gedung ini.
Sayang, dr Kh Zulfikar As’ad enggan menjelaskan secara rinci pondok pesantren asal 70 santri tersebut.

“Namun mayoritas santri kondisinya sudah membaik dan sudah dinyatakan sembuh,” katanya, Kamis (15/10/2020).

Dia mengatakan, tiga santri yang tersisa di tempat isolasi ini pun sebenarnya sudah membaik. Hanya saja masih perlu dilakukan observasi hingga beberapa hari mendatang.

Jika dalam beberapa hari lagi, kondisinya sudah baik dan hasil tes swab bersih Covid-19, ketiga santri juga akan diperbolehkan kembali ke pondok pesantren masing-masing. Selain tiga santri, ada pula tiga warga yang masih menjalani karantina di gedung ini.


Editor : Umaya Khusniah