Istri Nyinyir Soal Penusukan Wiranto, Anggota Pomau Surabaya Peltu Yunus Tunggu Vonis

Ihya Ulumuddin, Pramono Putra · Senin, 14 Oktober 2019 - 17:36:00 WIB
Istri Nyinyir Soal Penusukan Wiranto, Anggota Pomau Surabaya Peltu Yunus Tunggu Vonis
Unggahan istri anggota Pomau Lanud Muljono Surabaya, Peltu YNS di media sosial Facebook. (Foto: istimewa)

SIDOARJO, iNews.id – Anggota Polisi Militer TNI AU (Pomau) Lanud Muljono Surabaya, Peltu Yunus Alfian, menunggu vonis. Saat ini, suami FS, pelaku postingan nyinyir terhadap Menko Polhukam Wiranto itu masih menjalani pemeriksaan, setelah dibebastugaskan beberapa waktu lalu.

Komandan Lanud Surabaya Kolonel PNB Budi Ramelan mengatakan, sanksi terhadap Peltu Yunus akan diputuskan dalam sidang disiplin. Proses ini baru akan dilalui setelah semua proses penyidikan di Pomau Lanud Surabaya selesai.

“Rencananya sidang disiplin akan digelar besok Selasa (15/10/2019). Namun, semua bergantung hasil pemeriksaan. Saat ini kami masih menunggu berita acara pemeriksaan (BAP) dari POM,” katanya, Senin (14/10/2019).

Menurut Budi, sanksi yang bisa diterima Peltu Yunus akibat pelanggaran displin berupa penahanan. Namun, berat-ringannya penahanam bergantung putusan sidang. “Kalau ringan ya penahanan 14 hari, tetapi kalau berat ya bisa 21 hari,” katanya.

Sanksi tersebut, lanjut Budi, sesuai dengan Pasal 8 Peraturan Disiplin Prajurit TNI. “Nah, apakah sanksinya ringan atau berat, tergantung fakta-fakta lain dalam persidangan,” katanya.

Kendati demikian, pihaknya telah memberikan sanksi awal untuk Peltu Yunus. Selain dibebastugaskan, Peltu Yunus juga telah dicopot dari jabatannya sebagai Bintara Sidik Pomau Lanud Muljono Surabaya.

Diketahui, istri Peltu Yunus, FS, memposting tulisan bernana nyinyir atas kasus penusukan Menko Polhukam Wiranto di media sosial. Akibat postingan ini, Peltu Yunus mendapat teguran keras, dicopot dari jabatan dan ditahan dalam rangka penyidikan oleh Pomau.

Sementara YS sendiri diproses hukum oleh Polres Sidoarjo atas dugaan pelanggaran UU ITE.

Editor : Umaya Khusniah

TAG : uu ite

Bagikan Artikel: