Ini Link WhatsApp untuk Informasi Seputar Virus Corona di Jatim

Ihya Ulumuddin · Jumat, 03 April 2020 - 09:07 WIB
Ini Link WhatsApp untuk Informasi Seputar Virus Corona di Jatim
Radar Covid-19 Jawa Timur. (Foto: Istimewa)

SURABAYA, iNews.id - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meluncurkan layanan chatbot di aplikasi WhatsApp. Layanan ini untuk memberikan informasi seputar penanganan virus corona Covid-19 di provinsi tersebut.

Menurutnya, chatbot tersebut bisa diakses warga di link infocovid19.jatimprov.go.id/wacovid19. Setelah di-klik maka akan langsung masuk ke chat WhatsApp radar Covid-19 untuk mendapat informasi maupun tanya jawab tentang data corona, khususnya di wilayah Jatim.

Melalui layanan ini, masyarakat terhubung dan dapat berinteraksi langsung dengan akun resmi Pemprov Jatim via WhatsApp.

Khofifah menjelaskan, sedikitnya ada tujuh fitur yang bisa dimanfaatkan masyarakat. Di antaranya radar Covid-19, tanya jawab hingga rekomendasi dan tips kepada masyarakat agar terlindungi dari penularan virus corona.

"Konsepnya seperti chat whatsApp pada umumnya. Masyarakat hanya tinggal membalas pesan dengan angka atau emoticon untuk mendapatkan informasi," kata Khofifah di Gedung Negara Grahadi, Jum'at (3/4/2020).

Sebelumnya, pemprov juga telah meluncurkan layanan checkup mandiri yang sifatnya borderless sehingga bisa diakses tidak hanya oleh masyarakat Jatim.

Layanan tersebut memungkinkan masyarakat untuk mengenali gejala dan mendeteksi virus corona sejak dini. Hal ini bertujuan untuk meminimalisasi masyarakat melakukan tes kesehatan di rumah sakit yang dapat menyebabkan antrean panjang.

Khofifah mengungkapkan, seluruh layanan tersebut diluncurkan untuk mempercepat arus informasi kepada masyarakat. Selain itu mengantisipasi munculnya beragam hoaks dan disinformasi yang meresahkan.

"Saya sadar betul masyarakat saat ini sangat butuh  informasi dan tidak ingin mereka justru mendapatkan informasi yang salah yang dapat menimbulkan kepanikan," kata Khofifah. 

Menurutnya, pekerjaan rumah yang juga urgent yakni mengedukasi masyarakat mengenai Covid-19. Mengingat tidak sedikit masyarakat yang belum memahami apa itu Covid-19, upaya pencegahan dan bagaimana tindak lanjut yang harus dilakukan. 

"Nah dengan layanan ini jangkauannya bisa lebih maksimal. Tidak harus door to door, tapi semuanya serba virtual," ucapnya.

Khofifah berharap layanan chatbot tersebut dapat dimaksimalkan penggunaannya oleh seluruh masyarakat Jatim selama masa darurat Covid-19.


Editor : Donald Karouw