Industri Rumahan Penghasil Sabu di Pasuruan Digerebek, 7 Tersangka Diamankan

Sindonews.com, Jaka Samudra, Yuswantoro ยท Senin, 17 Februari 2020 - 16:32 WIB
Industri Rumahan Penghasil Sabu di Pasuruan Digerebek, 7 Tersangka Diamankan
Kapolres Pasuruan, AKBP Rofiq Ripto Himawan, saat menjelaskan kasus penggerebekan industri rumahan sabu. (Foto: iNews/Jaka Samudra)

PASURUAN, iNews.id – Sebuah rumah elite di Pasuruan, Jawa Timur (Jatim) digerebek polisi karena diduga kuat dijadikan pabrik sabu-sabu. Satkorba Polres Pasuruan mengamankan tujuh tersangka yang berprofesi sebagai pengacara, wartawan dan aktivis Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM).

Rumah mewah ini berada di Hunian Alam Sejahtera, Taman Dayu, Desa Ketanireng, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan. Dari rumah ini, polisi menyita bahan-bahan pembuat sabu.

Dalam video amatir, saat digrebek, S, warga Suwayuwo, Kecamatan Sukorejo, Kabupaten Pasuruan tertangkap basah sedang meracik sabu untuk memenuhi pesanan.

Kapolres Pasuruan, AKBP Rofiq Ripto Himawan mengatakan, terungkapnya industri rumahan penghasil sabu ini bermula saat penangkapan salah satu pelaku bernama SIS yang berporfesi sebagai pengacara. Dia disergap Tim Buser Satnarkoba Polres Pasuruan karena menjual sabu-sabu.

Warga Dusun Jetak, Dusun Karangjati, Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan ini disergap Sabtu (8/2/2020) dini hari, sekitar pukul 01.00 WIB. Dari pelaku, polisi menemukan barang bulkti sabu seberat 0,37 gram.

“Dari pengembangan kasus SIS ini, polisi berhasil menangkap pelaku berinisial H, S dan HS yang bertugas sebagai pengedar,” katanya, Senin (17/2/2020).

Ketiganya ditangkap pada Minggu (9/2/2020) malam, pukul 20.00 WIB. Polisi menyita sabu seberat 20,02 gram.

Dari pengembangan kasus ini, polisi juga berhasil menangkap Suw (38), warga Kelurahan Kebonsari, Kecamatan Jambangan, Kota Surabaya dan Hid (36) warga Desa Tempurejo, Kecamatan Tempuran, Kabupaten Magelang. Kedua pelaku ditangkap Senin (10/2/2020) pagi, sekitar pukul 05.00 WIB di dalam rumah di kompleks Pavillion Taman Dayu, Desa Ketanireng, Kecamatan Origen, Kabupaten Pasuruan. Keduanya bertugas menyediakan bahan-bahan pembuat sabu dan memproduksinya.

Dari pengembangan yang terus dilakukan, polisi menangkap Yus (32) warga Dusun Gelang, Desa Tawangrejo, Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan. Pelaku ini berperan untuk menyediakan bahan baku dan memproduksi.

Ketujuh tersangka dijerat dengan pasal 112 pasal 114 ayat 1 Undang-Undang RI dengan ancaman hukuman minimal lima tahun penjara dan maksimal 30 tahun penjara.


Editor : Umaya Khusniah