IGD RSUD Tongas Probolinggo Tutup 3 Hari untuk Sterilisasi dan Disinfeksi

Antara ยท Kamis, 10 September 2020 - 15:10:00 WIB
IGD RSUD Tongas Probolinggo Tutup 3 Hari untuk Sterilisasi dan Disinfeksi
RSUD Tongas Probolinggo. (Foto: Antara)

PROBOLINGGO, iNews.id – Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit Umum Daerah (IGD RSUD) Tongas di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur (Jatim) disemprot untuk sterilisasi dan disinfeksi. Untuk itu, layanan IGD ditutup selama tiga hari sejak 8-10 September 2020.

RSUD Tongas merupakan salah satu rumah sakit rujukan Covid-19. Sebagai institusi penyedia pelayanan kesehatan, dengan sterilisasi dan disinfeksi diharap dapat mencegah risiko transmisi infeksi Covid-19 bagi pasien maupun petugas rumah sakit.

"Dalam beberapa pekan ini, RS ini banyak menerima kasus rujukan Covid-19 dari puskesmas dan rumah sakit sekitar," kata Juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo, dr Dewi Vironica di Probolinggo, Rabu (9/9/2020).

Penyemprotan dan penutupan dilakukan oleh manajemen RSUD Tongas sesuai arahan Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo. Tujuannya, sebagai salah satu upaya untuk memutus mata rantai penularan Covid-19.

Meski layanan IGD ditutup, operasional rumah sakit tetap berlangsung seperti biasa. Warga yang ingin menjalani rawat inap dipersilahkan untuk ke layanan rumah sakit terdekat.

"Pasien yang sedang menjalani rawat inap tetap mendapatkan pelayanan medis, namun untuk pasien Covid-19 baru dirujuk ke RSUD Waluyo Jati Kraksaan Probolinggo," katanya.

Layanan IGD RSUD Tongas akan dibuka kembali pada Jumat (11/9/2020). Pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 bisa kembali dilayani di rumah sakit rujukan tersebut.

Editor : Umaya Khusniah