Idap Gangguan Jiwa dan Kerap Mengamuk, Pemuda di Sampang Dirantai Besi

Tikno Arie ยท Kamis, 12 Maret 2020 - 16:31 WIB
Idap Gangguan Jiwa dan Kerap Mengamuk, Pemuda di Sampang Dirantai Besi
Aziz terpaksa dirantai besi karena kerap mengamuk akibat gangguan jiwa. (Foto: iNews/Tikno Arie)

SAMPANG, iNews.id – Seorang pemuda di Sampang, Jawa Timur (Jatim) terpaksa dirantai oleh keluarga lantaran menderita gangguan jiwa setelah kecanduan narkoba. Dia sering marah dan mengamuk ke sejumlah warga, bahkan sepeda motornya dibakar.

Aziz (22), warga Dusun Diya'an, Desa Temoran, Kecamatan Omben, Kabupaten Sampang terpaksa diikat kaki dan tangannya menggunakan rantai besi. Aziz tinggal bersama bibi lantaran sang ibu sudah meninggal saat dia berusia empat tahun. Sementara ayahnya sudah menikah lagi.

Sebelum mengalami gangguan jiwa, putra kedua pasangan Banah dan Wahid tersebut pernah bekerja di Kriyan, Sidoarjo. Namun karena kondisi pikiran sudah tidak stabil, keluarga membawa ke kampung halaman di Desa Temoran, Kecematan Omben, Sampang.

Menurut salah satu anggota keluarga, Moh Awi, dalam tiga bulan terakhir, perubahan sikap dan mental Aziz bertambah parah. Lantaran khawatir akan semakin mengganggu tetangga, keluarga memasung Aziz.

Sayang, selang beberapa hari, tembok dijebol dan tanah yang dilubangi. Untuk mengantisipasi ketakutan warga, Aziz kini dirantai besi.

“Sering mengamuk, sepeda motor dibakar, mecahin kaca masjid, makanya dirantai,” katanya, Rabu (11/3/2020).

Keluarga telah berkoordinasi dengan puskesmas setempat terkait pengobatan dan perawatan bagi Aziz. Keluarga berharap Azin dapat sembuh dan normal seperti sedia kala.


Editor : Umaya Khusniah