Hujan Lebih dari 2 Jam, Air dari Sawah di Jember Selalu Genangi Jalan Raya

Bambang Sugiarto ยท Rabu, 01 Januari 2020 - 13:54:00 WIB
Hujan Lebih dari 2 Jam, Air dari Sawah di Jember Selalu Genangi Jalan Raya
Genangan air di Jember membuat kendaraan harus mengurangi kecepatan demi keamanan. (Foto: iNews/Bambang Sugiarto)

JEMBER, iNews.idHujan deras yang mengguyur Jember, Jawa Timur (Jatim) pada penghujung tahun 2019 mengakibatkan air di saluran irigasi meluap ke jalan raya. Air yang mencapai ketinggian kurang lebih 50 sentimeter, membuat arus lalu lintas tersendat, Selasa (31/12/2019) malam.

Air menggenang di Jalan Raya Desa Trisnogambar, Kecamatan Bangsalsari, Jember, sepanjang kurang lebih satu kilometer. Pengendara roda dua dan empat harus ekstra hati-hati saat menerobos genangan air.

Akibat banyak kendaraan yang harus mengurangi kecepatan saat melintasi genangan, lalu lintas menjadi tersendat. Warga dengan sukarela mengatur lalu lintas menggunakan tongkat senter warna merah.

Mereka memberikan aba-aba kepada pengguna jalan jika di area tersebut sedang dikepung genangan air dari area persawahan. Meski ada genangan air dan kendaraan berjalan pelan, namun tidak ada kemacetan parah.

Menurut salah satu warga, Nurdin, jika hujan turun hingga lebih dari dua jam, dipastikan wilayah Desa Trisnogambar akan tergenang air banjir khususnya dari areal persawahan. Saluran air di kawasan persawahan tidak dapat menampung banyaknya air dari sawah akhirya meluber hingga ke jalan raya.

“Meski demikian banjir ini tidak sampai masuk ke pemukiman dan rumah warga,” katanya.


Editor : Umaya Khusniah